Kecamatan Lintang Kanan dan Muara Pinang Terancam Kena Lahar Dingin

Status Gunung Api Dempo (GAD) Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan resmi dinaikan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada).

Laporan Mustaqim Alparisi

Tebingtinggi, Sumselupdate.com – Aktivitas Gunung Api Dempo (GAD) masih masuk waspada level 2. Bahkan saat ini belum ada tanda-tanda akan meletus, namun imbauan kepada masyarakat terus dilakukan, termasuk juga di Kabupaten Empat Lawang.

Read More

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang, Sahrial Podril mengatakan, saat ini GAD masih dalam waspada akan dampak GAD terutama bagi masyarakat di Kabupaten Empat Lawang.

“Masih berstatus waspada level 2. Namun dampak nya jika meletus terutama lahar dingin akan mengancam 11 wilayah talang di Kecamatan Muara Pinang dan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang,” kata Sahrial Podril.

Dikatakan lagi olehnya, dampak yang dirasakan akibat lahar dingin dari GAD tersebut akan masuk ke kawasan sungai Bayau. “Pasti, lahar dingin bisa mengalir ke sungai Bayau,”ujarnya.

Tak hanya itu saja, selain lahar dingin untuk kawasan lainnya, jika GAD meletus akan terkena dampak hujan abu.

“Kalau di Empat Lawang ini yang kena imbasnya berada di Kecamatan Lintang Kanan dan Muara Pinang tapi kalu daerah lainnya di wilayah Empat Lawang pasti kena debu vulkanik, namun hal itu tergantung dari arah angin. Namun kalu di Kabupaten Lahat, imbasnya jika GAD meletus berada di wilayah Kecamatan Muara Payang dan Jarai,”terangnya.

Untuk masalah jalur evakuasi, pihak masih menunggu untuk membahas hal tersebut.

“Masih kita bahas terkait jalur evakuasi,” katanya lagi.

Dirinya berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Empat Lawang untuk tidak mempercayai info berita hoax terkait GAD. Tapi ia menganjurkan untuk selalu mengetahui informasi dari Badan Geologi dan Pemerintah setempat.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.