Keberatan Uang Ganti Rugi, Dua Beranak Ajukan Pledoi

Suasana sidang.

Palembang, Sumselupdate.com – Dua beranak Suldan Helmi dan Jaka Batara, oknum mantan Kades serta Bendahara desa Banjar Negara Kabupaten Lahat, mengajukan pembelaan (Pledoi) atas keberatan atas tuntutan JPU Lahat yang menuntut lima dan enam tahun penjara.

Dalam pledoi yang dibacakan langsung terdakwa mengaku tidak sependapat dengan penuntut umum, terutama mengenai uang kerugian negara bahwa Jaksa tidak membeberkan secara rinci perihal kerugian negara di tahun 2017-2018.

Bacaan Lainnya

“Saya pribadi masih mempertanyakan terkait, nilai kerugian negara dari penuntut umum senilai Rp 573 juta di tahun 2017 dan 2018 yang kala itu saya masih menjabat sebagai Kades Banjar negara,” ungkap terdakwa Suldan Helmi dalam pledoi yang disampaikan di hadapan majelis hakim Tipikor Palembang, Selasa (25/1/2022).

Ia menilai, bahwa hasil perhitungan kerugian negara oleh penuntut umum terbilang cukup besar, sementara berdasarkan perhitungan kerugian negara dari inspektorat selama dua tahun itu nilainya tidak mencapai Rp 200 juta, tepatnya Rp 193 juta.

Untuk itu ia pun meminta kepada majelis hakim diketuai Sahlan Effendi SH MH agar, terhadap pledoi yang disampaikan itu dapat menjadi bahan pertimbangan yang meringankan, atau jika majelis hakim berpendapat lain memohon putusan yang seadil-adilnya.

Usai mendengarkan pledoi, majelis hakim kembali akan melanjutkan persidangan pada tanggal 6 Februari 2022 mendatang dengan agenda tanggapan JPU atas pledoi terdakwa (replik).

Dikonfirmasi usai sidang, JPU Kejari Lahat Ariansyah SH mengatakan adalah hak terdakwa untuk mengajukan pembelaan atas tuntutan pidana JPU.

“Ini akan kita akan berkoordinasi dengan pimpinan, terhadap pledoi itu akan kami jawab secara tertulis pada persidangan yang akan datang,” tutupnya. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.