Kasus Covid-19 Tembus 6.249, Palembang Kembali Zona Merah

IST (covid19.go.id)

Palembang, Sumselupdate.com – Meningkatkan kewaspadaan perlu dilakukan masyarakat, sebab Kota Palembang kembali masuk ke zona merah Covid-19 sejak 10 Januari 2021. Hal ini lantaran kasus terkonfirmasi dan kematian terus meningkat.

Berdasarkan data rekapitulasi kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Palembang 19 Januari ini, kasus bertambah 47 dan 2 orang meninggal dunia, 48 sembuh atau total secara keseluruhan kasus, sejak Februari 2020 sudah menyentuh angka 6.249 kasus.

Bacaan Lainnya

“Iya sejak 10 Januari Palembang kembali zona merah (resiko tinggi) Covid-19 berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),” kata Juru Bicara Bidang Satgas Covid-19 Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palembang Yudhi Setiawan, Selasa (19/1/2021).

Yudhi mengatakan, ada 15 indikator dalam menentukan peta zonasi risiko. Dari 15 indikator tersebut, yang mengalami penurunan skoring adalah indikator kasus konfirmasi Covid-19 yang terus mengalami peningkatan dan kematian pada kasus konfirmasi yang juga meningkat.

“Jadi kasus positif dan kematian meningkat menjadi salah satu faktor,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat harus berpikir bahwa, semua orang yang berada disekitar Anda, terutama pada saat di luar rumah adalah orang yang berisiko Covid-19. Sehingga penerapan kepatuhan mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Kepatuhan masyarakat harus ditingkatkan, tidak bisa hanya himbauan atau aturan dari pemerintah saja,” katanya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Fauziah mengatakan, meskipun proses vaksinasi sudah dilakukan, diharapkan protokol kesehatan tidak dilupakan. Terutama saat ini vaksin baru diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dan pelayan publik. Sehingga masyarakat harus dapat menjaga kesehatan masing-masing.

“Masyarakat juga diharapkan tidak takut untuk vaksin saat waktunya tiba nanti, ini sebagai langkah kita agar pandemi berakhir,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.