Karena Alasan Tak Digaji, & Zainudin Ajak Dua Rekan Curi Kabel Untuk Listrik LRT

Palembang, Sumselupdate.com – Berdalih kesal karena tidak digaji selama 3,5 tahun di tempat kerjanya di PT BICC Citra KSI, Zainudin (41) bersama dua rekannya, Bambang Sugianto (45) dan Andreas Eskoba Hutabarat alias Ucok (40) nekat mencuri kabel listrik untuk LRT.

Tak hayal atas kejadian ini Zainudin dibekuk petugas Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel, Selasa (10/7). Zainudin mengaku, niat mencuri muncul karena kesal dengan perusahaan tempatnya bekerja yang berhenti menggajinya sejak 3,5 tahun lalu.

Read More

“Saya sudah bekerja sejak lima tahun lalu. Sudah 3,5 tahun saya tidak digaji, sebulan Rp1,2 juta. Katanya proyek mandek jadi tak bisa bayar gaji. Saya nyambi ngojek, tapi masih tak cukup. Akhirnya terpaksa mencuri kabel,” ujarnya Kamis (12/7/2018).

Akhirnya Zainudin mengajak dua komplotan nya untuk mencuri kabel yang disimpan di gudang kantor tempatnya bekerja, di Jalan Talang Keramat, Kecamatan Banyuasin pada 6 Juni lalu.

Mereka memotong saluran kabel tingkat tinggi (SKTT) 150 kv untuk mendukung kelistrikan LRT Palembang sepanjang satu meter setiap beraksi, hingga perusahaan kehilangan 400 meter kabel berdiameter 10 sentimeter tersebut.

“Kami potong pakai gergaji besi. Setiap ngambil paling satu meter. Kami kupas ambil tembaga nya. Satu meter itu kami jual Rp1,5 juta. Kami bagi Rp500.000 tiap orang,” ungkap Zainudin.

Sementara itu, Kasubdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Yoga Baskara mengatakan, aksi pelaku diketahui saat pihak perusahaan bersama PLN mengecek gudang penyimpanan kabel tersebut.

Saat diaudit, sepanjang 400 meter kabel dengan total kerugian Rp600 juta hilang. Akhirnya korban melaporkan kejadian tersebut ke polisi.

“Saat diselidiki diduga ada keterlibatan orang dalam. Akhirnya diketahui Zainudin yang bekerja sebagai penjaga keamanan merupakan otak pelaku. Setelah dikembangkan, dua pelaku lagi kami tangkap,” ujarnya.

Namun salah satu tersangka yakni Ucok melawan petugas saat hendak ditangkap di Kelurahan Talang Keramat, Kabupaten Banyuasin. Sehingga polisi menindak tegas dengan menembak kaki kiri pelaku untuk melumpuhkannya. (tra)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.