Kapolres Pimpin Deklarasi Muratara Anti Kekerasan dan Cinta Damai

Deklarasi bersama Muratara Cinta Damai dan Anti Kekerasan.

Laporan : Marwan Ashari

Muratara, Sumselupdate.com – Kapolres Musi Rawas Utara (Muratara), AKBP Eko Sumaryanto, SIK, memimpin deklarasi Muratara anti kekerasan dan cinta damai. Penandatangan deklarasi ini dilakukan tokoh agama, masyarakat dan kepala desa (kades) serta camat se-Kecamatan Rupit, Kamis (20/5/2021). Penandatangan deklarasi dilaksanakan di Aula Serba Guna Kantor Camat Rupit usai pertemuan dengan tokoh agama, masyarakat, kades dan camat.

Read More

Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto, SIK, menyampaikan bahwa pembangunan Muratara dimulai dari desa. Jadi bagaimana kita semuanya membenahi desa agar terciptanya lingkungan yang aman,damai dan sejahtera sehingga perekonomian masyarakat meningkat.

Masih katanya, setiap keputusan pemerintah pasti ada pro dan kontra. Jadi bagaimana cara kita menyikapinya.

“Saya mengajak para Kades bahwa jangan takut dan ragu, jika apa yang kita putuskan benar di mata Tuhan, agama dan negara yakinlah bahwa yang sudah kita lakukan dengan baik dan benar, nanti di kemudian hari pasti akan diingat oleh generasi penerus dan menjadi amal ibadah kita,” jelasnya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan kabupaten Muratara ini. Khususnya di Kecamatan Rupit, bahwa keamanan itu bukan tanggung jawab Polri, TNI dan Pemerintah saja tapi keamanan adalah tanggung jawab bersama dengan seluruh elemen masyarakat Muratara khususnya Kecamatan Rupit.

” Ayo kita jaga keamanan Muratara secara bersama-sama agar kabupaten Muratara maju,” ajaknya.

Sementara itu Camat Rupit Deni Andri, S.Kom, MSi, menjelaskan situasi geografis dan budaya yang ada di kecamatan Rupit.

Sedangkan Kasat Pol PP Kabupaten Muratara Firdaus, SH, MHum, menyampaikan bahwa segala sesuatu permasalahan yang ada seharusnya diselesaikan dengan jalan musyawarah dan ia siap secara terbuka menerima masukan dari masyarakat Muratara.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dalam kesempatan itu tokoh masyarakat Rupit, Zainal Abidin menyampaikan bahwa masyarakat mendukung Polri untuk bertindak tegas bagi oknum masyarakat yang memblokir atau menutup jalan umum. Dan mendukung Perda No 17 Tahun 2019 tentang larangan pesta malam, dan bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya silahkan ke kantor DPRD atau Pemkab Muratara.

Menanggapi dukungan tersebut, Kapolres Muratara mengucapkan terima kasih atas dukungannya terhadap Polri dan jajaran pemerintahan kabupaten Muratara.

Sedangkan Kepala Desa Karang Anyar Amir, menyampaikan bahwa masyarakat Desa Karang Anyar tetap mendukung Perda No 17 Tahun 2019 tentang larangan pesta malam.

Dan permohonan maaf kepada Polri dan masyarakat atas keterlambatan informasi melaporkan bahwa pada saat itu masyarakat Desa Karang Anyar akan memblokir atau menutup jalan lintas sumatera.

Dan ia tetap mendukung Polri dan Pemerintah dalam menjaga keamanan dan penegakan hukum.

 

Kapolres Muratara menjawab dengan ucapan terima kasih atas dukungannya terhadap Polri dan Pemerintah dalam menjaga keamanan dan ke depan mohon bantuannya untuk menjaga ketertiban bersama khususnya di Desa Karang Anyar.

Kemudian Kepala Desa Maur Lama, Saad , menegaskan bahwa ia sangat mendukung Perda No 17 Tahun 2019 tentang larangan pesta malam dan mohon untuk memberantas peredaran narkoba.

Kapolres menjawab dengan ucapan terima kasih dan untuk memberantas peredaran narkoba mohon agar masyarakat juga berperan aktif memberikan informasi keberadaan narkoba dan jangan ragu laporkan jika ada anggota Polri yang terlibat narkoba.

Sementara itu sebelumnya di hari yang sama Kapolres juga silaturahmi dengan tokoh masyarakat, agama, kades se Kecamatan Karang Jaya.

Kapolres Muratara Silaturahmi Bersama Kepala Desa,Togah,Tomas Se-kecamatan Karang Jaya.

Kapolres Muratara, Eko Sumaryanto menghimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Karang Jaya, dan masyarakat Kabupaten Muratara khususnya, agar mematuhui Perda No 17 Tahun 2019  tentang pelarangan pesta malam.

Sebab dengan adanya perda Pelarangan pesta malam akan banyak sekali dampak – dampak positif yang akan berguna bagi kaum muda mudi kita. Salah satunya terhindar dari bahanya- nya narkoba .

“Kami dari jajaran Polres Muratara akan menindak tegas terhadap oknum-oknum yang masih saja melakukan pesta malam di wilayah Kabupaten Muratara,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.