Kapolres Lubuklinggau Ingatkan Pelajar Jangan Mau Dijadikan Alat Politik

Kapolres Kota Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono

Lubuklinggau, Sumselupdate.com – Di hadapan 1.197 pelajar SMK, Kapolres Kota Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono mengajak untuk tertib dan mematuhi aturan hukum yang berlaku di negara Indonesia dan tidak ikut-ikutan ajakan unjuk rasa yang bersifat anarkis.

Hal ini disampaikan Kapolres Lubuklinggau saat menjadi pembina upacara bendera di SMKN 3 Kelurahan Air Kut, Kecamatan Lubuklinggau Timur 1 Kota Lubuklinggau (7/10/2019).

Bacaan Lainnya

Dalam arahannya, Kapolres AKBP Dwi Hartono menyampaikan lima poin penekanan, yaitu pelajar jangan dijadikan alat politik, jangan diprovokasi untuk mengikuti unjuk rasa.

Pesan lainnya, menurut Kapolres, pelajar harus dijaga dan diawasi terhadap bahaya peredaran narkoba, pelajar harus senantiasa patuh hukum salah satunya tidak terjebak dalam penyebaran berita hoaks sebagaimana UU No 19 tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE), dan yang terakhir pelajar terus dimotivasi untuk mencapai cita-citanya sesuai minat dan bakat masing-masing.

“Kami (Polres Lubuklinggau –red) pada saat unjuk rasa damai oleh aliansi Mahasiswa se-Kota Lubuklinggau di gedung DPRD Kota Lubuklinggau menuntut perubahan RUKUHP dan RUKPK pada 30 September lalu, melihat ada oknum pelajar SMK yang masih menggunakan pakaian sekolah, hendak ikut dalam aksi tersebut. Untuk apa, mereka masih di bawah umur, sangat rentan provokasi. Coba tanya kepada anak SMK, apa tujuan demo, mereka ngak ngerti, hanya ikut-ikutan, ingin menunjukkan eksistensinya saja, jelas ini salah,” tegas Kapolres dalam memberikan keterangan pers kepada media.

Kapolres mengatakan, sudah tugas bersama mengawasi pelajar agar tidak salah jalan, sebab para siswa menjadi generasi penerus bangsa dan pemimpin masa depan.

“Jadi kita harus terus bergerak bersama memberikan pendidikan baik formal maupun informal kepada pelajar. Tidak hanya tugas polisi, semua lembaga negara, hal ini guna terwujudnya SDM yang unggul untuk kemajuan Indonesia,” jelas Kapolres.

Kemudian selain di SMKN 3 Kota Lubuklinggau, secara bersamaan Kapolres Lubuklinggau memerintahkan jararan personelnya ikut memberikan edukasi di sekolah-sekolah secara serentak.

Saat ini menurut Kapolres, beberapa jajaran perwiranya sudah melakukan upaya edukasi. Mereka adalah Kabag Sumda Kompol Edwartu menggelar edukasi di SMKN 1 Lubuklinggau, Kasat Lantas AKP Imanuhadi di SMAN 1 Lubuklingga.

Kasat Sabhara AKP Ali di SMAN 5, Kapolsek Lubuklinggau Barat Iptu Suryadi di SMA Xaverius, Kapolsek Lubuklinggau Timur AKP Diaz di SMAN 2, Kapolsek Lubuklinggau Utara AKP Manik di SMAN 3, Kapolsek Lubuklinggau Selatan Iptu Amiruddin di SMAN 6. (dri)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.