Kapolda Sumsel Tegaskan Tak Mau Divaksin Tak Perlu Denda, Cukup Edukasi dan Meyakinkan!

Kapolda Sumsel Irjen Pol saat divaksin Covid-19.

Palembang, Sumseupdate.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol bersama Gubernur Sumsel Herman Deru menjadi orang pertama yang disuntik Vaksin Covid-19 di Puskesmas Gandus, Palembang, (14/15/2020). Meski menjadi yang pertama divaksin, Kapolda Sumsel Irjen Pol menegaskan tidak perlu ada denda jika ada yang tidak mau divaksin, cukup edukasi dan meyakinkan kepada warga jika vaksin ini aman.

Jendral Bintang II mengatakan, perlu ada sosialisasi atau edukasi kepada warga jika vaksin itu aman. Hal itulah, yang coba ia lakukan, sehingga menjadi orang pertama  menerima vaksin Covid-19, guna memberikan keyakinan kepada masyarakat.

“Jadi, tidak perlu ada denda-denda kalau tidak mau divaksin, cukup memberikan keyakinan saja kepada masyarakat bahwa niat pemerintah itu sebetulnya baik,” ujarnya kepada awak media.

Kapolda mengutip apa yang disampaikan Gubernur Sumsel Herman Deru usai disuntik vaksin di Puskesmas Gandus tadi pagi. Bahkan Pemerintah Provinsi Sumsel nantinya menargetkan lebih kurang 5,7 juta masyarakat di Sumsel sudah divaksin dalam waktu satu tahun ke depan, agar penyebaran Covid-19 segera mereda dan aktivitas masyarakat dapat kembali normal.

Ia menambahakan, vaksinasi telah diatur oleh Undang-undang, sehingga setiap warga negara wajib divaksin dengan tanpa mengesampingkan Hak Asasi Manusia.

“Tidak bisa kita pungkiri sebenarnya program vaksinasi sangat dibutuhkan. Dan juga sosialisasi yang kuat kepada masyarakat untuk menepis segala informasi hoax terkait dengan vaksin tersebut,” jelasnya.

Harapannya, kedepan Forkopimda di 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumsel, tidak akan mengeluarkan pernyataan yang berisi ketakutan-ketakutan terkait vaksin ini.

Diberitakan sebelumnya telah diterima bahwa Provinsi Sumsel telah menerima 30.000 dosis Vaksin Sinovac untuk tahap I dan telah didistribusikan ke Kota Palembang, Kabupaten OKI. Rencananya akan didatangkan lagi 28.000 Dosis untuk tahap ke II pada 19 Januari 2021. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.