Kantor Kecamatan Baturaja Timur ‘Diserbu’ Warga Enam Kecamatan, Ada Apa Ya?

Ilustrasi proses perekaman e-KTP

Baturaja, Sumselupdate.com – Kantor Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), “diserbu” warga dari enam kecamatan yang ada di OKU.

Diserbunya kantor tersebut diketahui lantaran warga hendak melakukan perekaman e-KTP. Ya, menjelang akhir batas waktu pembuatan e KTP yang telah ditetapkan oleh Mendagri, pada tanggal 31 September 2016, banyak warga takut tidak memiliki KTP.

Bacaan Lainnya

Penumpukan ini telah berlangsung selama satu minggu terakhir. “Ini dikarenakan alat rekam pembuatan e KTP di enam kecamatan banyak yang mengalami kerusakan,” jelas Camat Baturaja Timur Luqmanul Hakim saat dibincangi di ruang kerjanya Rabu (14/9).

Beberapa Kecamatan tersebut di antaranya Ulu Ogan, Lengkiti, Muara Jaya, Semidang Aji, Sosoh Buay Rayap dan Baturaja Barat. Untuk mempercepat proses rekam e KTP, kecamatan Baturaja Timur meminjam alat perekam sidik jari dari Kecamatan Baturaja Barat sebanyak 1 buah.

“Ya, kita cukup kewalahan, kita pinjam alat sidik jari dari kecamatan Baturaja Barat, tapi masih kurang efektif sebab jumlah masyarakat dan alat tidak sebanding,” ungkapnya.

Untuk masyarakat Baturaja Timur sendiri yang belum melakukan rekam data sebanyak 6.618 jiwa, dari total penduduk sebanyak 89677 jiwa.

“Ada beberapa persen yang memang belum, tapi kebanyakan dari masyarakat yang memang baru masuk usia wajib KTP (17 tahun),” ujarnya.

Luqmanul menghimbau kepada masyarakat, khususnya Baturaja Timur, untuk tertib administrasi kependudukan. “Bagi yang telah memasuki usia wajib KTP untuk segera melakukan perekaman e-KTP, jangan ditunda-tunda. Untuk menyukseskan program e-KTP ini kami membuka pelayanan ekstra selama bulan September tetap melayani hingga hari Sabtu,” himbaunya. (Yan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.