Johan Anuar Tutup Usia, JPU KPK: Tetap Tagih Uang Pengganti ke Ahli Waris Atau Aset Disita

Kuasa Hukum JA, Titis Rahmawati SH MH.

Palembang, Sumselupdate.com – Wakil Bupati OKU Nonaktif Johan Anuar, tutup usia pada Selasa pukul 07.30 WIB, di Rumah Sakit Siti Khodijah, (10/1/2022). Namun kasus yang menjerat alm saat ini dalam
status upaya hukum kasasi pada tingkat Mahkamah Agung, terkait kasus dugaan korupsi lahan makam di Kabupaten OKU tahun 2013.

Dikonfirmasi Kuasa Hukum JA, Titis Rahmawati SH MH, mengatakan bahwa, seharusnya penuntutan jerat pidana terhadap kliennya tersebut seharusnya dinyatakan gugur demi hukum.

Read More

“Sebagaimana termaktub dalam pasal 77 KUHAP, telah jelas bahwa pak Johan Anuar meninggal dalam proses penuntutan bukan dalam putusan yang bersifat inkrah, maka terhadap semua penuntutan haruslah dinyatakan gugur demi hukum,” katanya

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK RI, Asri Irwan SH MH mengatakan, sebagai sesama umat beragama turut berbelasungkawa dan menyampaikan duka yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya terdakwa Johan Anuar.

Menanggapi keinginan pihak kuasa hukum Johan Anuar mengenai harus dinyatakan gugur demi hukum, Asri mengaku hal itu akan mendiskusikan terlebih dahulu kepada pimpinan.

Asri menjelaskan meskipun proses penuntutan terhadap almarhum Johan Anuar dapat dinyatakan gugur demi hukum, karena merujuk dalam Pasal 77 KUHAP, namun terhadap hukuman tambahan berupa uang pengganti, penuntut umum KPK RI masih memiliki hak untuk melakukan penagihan pada ahli waris.

“Ketika uang pengganti itu tidak mampu bayarkan, kami bisa melakukan penyitaan pada aset bersangkutan. Bisa jadi melakukan gugatan perdata terhadap aset yang bersangkuatan,” tutupnya. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.