Jelang Tahapan Pencalonan Pilkada, 5 PKPU Belum Disahkan

Jakarta,Sumselupdate.com- Tahapan pencalonan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 akan dimulai 3 Agustus 2016. Namun masih ada lima Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) sebagai pedoman pelaksanaannya belum disahkan.

Menurut Ketua KPU Juri Ardiantoro, lima PKPU belum disahkan karena hingga saat ini pihaknya belum dapat bertemu dengan Komisi II DPR.

Bacaan Lainnya

Padahal, konsultasi dengan DPR tersebut penting untuk membahas lima rancangan PKPU yang sebelumnya direvisi, seiring hadirnya UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

“DPR dan KPU belum mendapatkan waktu yang pas untuk membahas atau mengonsultasikan PKPU terhadap pemerintah dan DPR. Waktunya masih ada sampai besok (Selasa). Tadinya kami inginkan hari ini (Senin) atau besok paling lambat ditetapkan dan diundangkan,” ujar Juri, di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol 29, Jakarta Pusat, Senin, (1/8), seperti dilansir viva.co.id.

Konsultasi dengan DPR, jelas Juri, merupakan proses yang wajib dilalui dalam proses penyusunan PKPU.

“Jadi pertanyaannya, bagaimana menjalankan tahapan pencalonan yang harus didasarkan pada PKPU karena ada berbagai perubahan di dalam UU. Sementara PKPU belum tersedia karena prosesnya belum selesai,” ujar Juri.

Meski belum menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPR, Juri mengungkapkan, sejatinya penyelenggara pemilu telah berkomunikasi dengan DPR, pemerintah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Hal itu diperlukan untuk mencari jalan keluar menyelesaikan masalah yang ada.

Untuk itu, salah satu kemungkinan yang akan dipilih oleh KPU dan ini sudah dikomunikasikan dengan para pihak, jelas Juri, yakni dengan menetapkan PKPU tanpa RDP, dengan tetap mengagendakan konsultasi RDP. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.