Jelang Pilkades Serentak, 39 Balon Kades di OKU Selatan Bakal Disaring Melalui Tes Tertulis

Kepala Bidang Administrasi Pemerintah Desa dan Kerja Sama Antar Desa Zainal Arifin, SE.

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com – Sebanyak 39 bakal calon (balon) kepala desa (kades) yang tersebar di enam desa di Kabupaten OKU Selatan bakal mengikuti tes tertulis pada Selasa (12/10/2021) di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (PMPD) OKU Selatan.

Read More

Tes tertulis ini merupakan tes tambahan bagi balon kades sebelum berlaga dalam Pilkades Serentak OKU Selatan yang diikuti 73 desa pada Rabu (27/10) nanti.

Kepala Dinas PMPD Juproni melalui Kepala Bidang Administrasi Pemerintah Desa dan Kerja Sama Antar Desa Zainal Arifin, SE mengatakan, 39 bakal kades itu tersebar di enam desa.

Keenam desa itu masing-masing Desa Suka Jaya, Kecamatan Buay Rawan dengan enam balon kades, Desa Tanjung Agung, Kecamatan Banding Agung diikuti tujuh balon kades.

Desa Sugihan tujuh balon kades dan Desa Bayur Tengah enam balon kades, Kecamatan Muaradua Kisam dan Desa Pulau Beringin dan Desa Tanjung Kari, Kecamatan Pulau Beringin tujuh dan enam balon kades.

Zainal Arifin mengatakan, mengenai soal yang akan diujikan bukan Dinas PMPD yang membuat.

“Kita serahkan dengan Bapak Bupati, bisa saja beliau memberikan amanah kepada para asisten atau dinas lain untuk membuat soal tersebut. Namun jika melihat tes yang sudah-sudah seperti pada tahun 2015, 2017, dan 2019, tidak berbeda jauh yakni terkait wawasan tentang pemerintahan,” ujar Zainal.

Dikatakannya, soal wawasan tentang pemerintahan yang berkisar 50 s/d 100 soal meliputi tes administratif (berupa pendidikan dan pengalaman dan tes tertulis (pemerintahan dan undang undang) ditambah dengan pengetahuan umum terkait Kabupaten OKU Selatan.

“Bagi para peserta (balon kades –red) yang akan mengikuti seleksi tambahan, saya minta persiapkan diri dengan baik, karena semua peserta baik itu incumbent (patahana) maupun bukan incumbent memiliki kans (peluang) sama. Jadi jangan dikira petahana pasti lulus. Kalau tidak lulus ya tidak lulus,” tegasnya.

Ditambahkan Zainal, dari hasil seleksi tersebut hasilnya akan diranking atau diambil peringkat, yakni peringkat 1 s/d 5 per/desa.

Artinya bagi balon kades yang tidak masuk dalam lima besar dalam setiap desa, otomatis gugur dan gagal untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

“Persiapkan diri dengan baik, jaga kesehatan gunakanlah kesempatan tersebut untuk berhasil lulus sehingga bisa mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya,” pungkas Zainal Arifin. (**)

 

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.