Jangan Minder, Dangdut Berpotensi Mendunia Seperti K-Pop

Menparekraf Sandiaga Uno bersama Farel Prayoga

Jakarta, Sumselupdate.com – Dangdut adalah kekayaan Indonesia di bidang musik. Sudah sepantasnya setiap warga ikut bangga dan merawatnya.

Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut musik dangdut Indonesia dapat mendunia seperti Kpop.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga dalam Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Lippo Plaza, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (2/9/2022). Menurutnya potensi tersebut harus dioptimalkan agar mampu menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi dan pencipta lapangan kerja.

“Kualitas karya anak bangsa seperti lagu dangdut, tidak kalah dengan karya musik lain seperti Kpop,” kata Sandiaga

Dalam jurnal ilmiah milik Ilham Akbar Fitriyadi, seorang mahasiswa studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Padjadjaran, yang berjudul Globalisasi Budaya Populer Indonesia , Musik Dangdut di Kawasan Asia Tenggara tahun 2020, menjelaskan musik dangdut sebagai salah satu bentuk diplomasi.

Sandiaga menyampaikan melalui digitalisasi diharapkan musik dangdut bisa semakin dikenal oleh banyak orang hingga go internasional, seperti lagu dangdut “Ojo Dibandingke” yang dibawakan Farel Prayoga saat memeriahkan penyelenggaraan upacara HUT ke-77 RI di Istana Negara.

“Farel Proyoga yang hadir bersama kita di Pameran AKI Sidoarjo ini menjadi viral lewat sosial media dan menarik minat banyak masyarakat untuk mendengarkan musik dangdut,” kata Menparekraf.

Sandiaga juga berpesan agar masyarakat memberi lebih banyak kesempatan kepada karya-karya kreatif musik lokal untuk didengar dan dinikmati setiap hari. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.