Jadi Tuan Rumah HUT TMII 2020, Sumsel Bakal Tampilkan Seni Budaya & Kearifan Lokal

Palembang, Sumselupdate.com – Pada 2020 mendatang Provinsi Sumsel mendapat kehormatan menjadi icon sekaligus didaulat menjadi tuan rumah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke-45 yang jatuh pada 19 April.

Diberikannya kesempatan emas bagi Sumsel sebagai tuan rumah HUT TMMI ke-45 Tahun 2020 tersebut tentu saja tidak disia-siakan oleh provinsi ini.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sumsel H Herman Deru saat menerima audensi Direktur Utama TMII Tanribari Lamo bersama tim, Selasa (20/8/2019). Gubernur menyambut dengan antusias atas ditunjuknya Sumsel sebagai icon dan tuan rumah HUT TMMI 2020.

Bahkan mantan Bupati OKU Timur dua periode ini menyebutkan, momen tersebut akan dijadikan sebagai wadah bagi Pemprov Sumsel, Kabupaten/kota untuk menampilkan budaya dan kearifan lokal di tingkat nasional.

“Pemprov Sumsel setuju dan bersedia menerima kesempatan sebagai tuan rumah HUT TMII. Terlebih saya selalu mendengungkan untuk mengutamakan kearifan lokal dalam berbagai kesempatan. TMII adalah perwujudan kearifan lokal yang menampilkan anjungan dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia,” tegas Herman Deru.

Menurutnya, Sumsel sebagai icon dan tuan rumah, dirinya sebagai Gubernur akan melibatka Kabupaten/kota untuk menampilkan hasil karya seni budaya dan kearifan lokal yang terbaik yang akan menjadi identitas daerah bersangkutan.

“Kita akan libatkan bupati/walikota se-Sumsel dengan leading sector nya dinas pariwisata dan kebudayaan Sumsel. Akan ada tagline dan logo khusus nantinya,” tuturnya.

Sementara itu Direktur Utama TMII Tanribari Lamo menyampaikan keinginan TMII untuk mengandeng Pemprov Sumsel sebagai sponsor. “Setiap tahun dalam peringatan HUT TMII selalu melibatkan Pemprov untuk menjadi sponsor. Pada HUT TMMI tahun ini yang menjadi tuan rumah adalah Sulawesi Utara,” paparnya.

Disebutkanya, rangkaian kegiatan dalam rangka HUT TMII dilakukan selama dua pekan yang diisi dengan pameran melibatkan seluruh Provinsi di Indonesia. “Khusus untuk Gubernur selaku Kepala Daerah Provinsi yang menjadi tuan rumah mendapatkan kesempatan sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada puncak HUT TMII,” imbuhnya.

Ditambahkannya, saat ini TMII dikelola oleh Yayasan Harapan Kita, dan pihaknya berupaya untuk terus memperbaiki infrastruktur yang ada di TMII, diantaranya dengan terus menyiapkan lahan parkir yang dapat memuat 10 ribu kendaraan.

“Pemprov Sumsel kita harapkan dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin diantaranya pakaian khas daerah, souvenir bagi para tamu, dan atraksi seni budaya yang akan ditampilkan pada malam puncak peringatan HUT TMII 2020 mendatang,” pungkasnya. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.