Intensitas Hujan Meningkat, Desa Gunung Kembang Siaga Banjir

Permukaan Sungai Kikim mulai meningkat

Laporan : A. Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Setelah beberapa tahun lalu terjadi banjir hebat di Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat, kini saat hujan terjadi desa itu langsung masuk siaga banjir.

Read More

Menurut keterangan Dirsan Hadi Penjabat Kepala Desa Gunung Kembang, sudah semalaman penuh, desa mereka diguyur hujan, sehingga pihaknya menetapkan siaga banjir.

“Air Sungai Kikim, yang berada di sepanjang desa sudah terlihat naik, hingga hampir menyentuh jalan, maka kami sebagai satgas siaga banjir melakukan pemantauan di posko banjir, memperhatikan gejala air sungai, kalau ada tanda tanda naik dengan cepat, maka evakuasi akan dilakukan,” kata dia, Rabu (13/10/2021).

Dikatakan Dirsan, sebagian warga juga telah melakukan evakuasi barang barang rumah tangga mereka, ke tempat yang lebih tinggi.

“Ada yang sudah mengangkut barang barang mereka, karena melihat air sungai mulai naik,” tutur dia.

Pada tahun 2019, Desa Gunung Kembang pernah terendam banjir setinggi atap rumah, sehingga menghanyutkan beberapa rumah panggung. Hal itu menjadi pengingat bahwa warga desa mesti waspada.

“Banjir hebat dulu menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan, sehingga apabila terjadi hujan yang cukup lama, maka langkah antisipasi dan bersiaga harus dilakukan,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Kikim Timur Pukatul Hadi menerangkan, satgas siaga banjir dari Kecamatan Kikim Timur juga sudah berada di Posko Banjir Desa Gunung Kembang.

“Kita sudah pantau aliran sungai, dan berjaga dilokasi. Kalau ada tanda tanda air naik, maka akan cepat dilakukan evakuasi,” ungkapnya.

Pukatul mengimbau agar warga tidak perlu panik, seraya senantiasa bersiaga.

“Jangan panik, namun tetap berjaga-jaga, ketika ada alarm pertanda air membesar, segera lakukan evakuasi,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.