Inovasi Lapas Kayuagung, Dari Aplikasi Layanan Hingga Peningkatan Sapras

Kalapas Kayuagung Kelas II B, Reza Mediansyah Purnama.

Laporan: Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com – Ada begitu banyak inovasi yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kayuagung, kelas II B di bawah komando, Reza Mediansyah Purnama.

Read More

Inovasi tersebut dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada warga binaan dan keluarga
binaan yang melakukan kunjungan ke Lapas tersebut.

Ditemui Sumselupdate. com di ruang kerjanya, Selasa (16/11/2021), Kalapas Kayuagung kelas II B, Reza Mediansyah Purnama menjelaskan ada beberapa hal yang dilakukannya untuk pelayanan tersebut.

Pelayanan itu mulai dari menyiapkan aplikasi layanan seperti aplikasi Siapka, inovasi oke radio hingga peningkatkan sarana dan prasarana (sapras).

Dikatakannya, aplikasi Siapka, adalah sebuah inovasi yang digunakan untuk warga binaan dalam rangka memberikan informasi kemudahan untuk mendapatkan pelayanan PB (Pembebasan Bersyarat), termasuk informasi CB (cuti bersyarat) bagi pegawai.

“Selama ini, untuk mengurus PB, biasanya harus bolak-balik mengurus berkas bahkan berkali-kali. Di mana mereka harus menyiapkan jaminan, surat pernyataan dari pihak keluarga. Nah, dengan aplikasi Siapka ini langsung mudah. Mereka download melalui playstore,” ujar Reza Mediansyah Purnama.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk pendaftaran kunjungan, lantaran selama ini masa pandemi, maka pihaknya belum menerima kunjungan keluarga binaan.

Namun, kata dia, pendaftaran untuk penitipan barang sudah dijalankan.

“Sementara untuk memberikan informasi perkembangan warga binaan kami kerap melakukan podcast melalui program inovasi oke radio. Ini juga merupakan salah satu sarana edukasi kepada warga binaan yang bekerja sama dengan pihak terkait seperti, Kementerian Agama, BNN OKI,” ungkapnya.

Reza Mediansyah Purnama menambahkan pihaknya juga sudah menyiapkan aplikasi barcode melalui aplikasi pelindung diri, jika nantinya telah dibuka kunjungan bagi keluarga binaan.

“Ya, memang sejak dua tahun ini, kita tidak ada kunjungan bagi keluarga binaan. Tapi, kita juga menyiapkan ruangan khusus video call sembari keluarga binaan menitipkan barang bagi warga binaan,” katanya.

Reza Mediansyah Purnama memaparkan untuk sapras, Lapas Kayuagung pihaknya, memberikan pelayanan secara maksimal baik keluarga binaan atau pengunjung, baik masyarakat maupun stake holder yang ingin mendapatkan informasi.

“Kami juga menyediakan parkir gratis, ruang laktasi, ruang pendaftaran, duta layanan untuk mendapatkan informasi, secara garis besar tentang prosedur, kunjungan maupun informasi di dalam Lapas sendiri,” tambahnya.

Reza Mediansyah Purnama mengungkapkan pihaknya juga memiliki komitmen bersama-sama, untuk tetap berintegritas, meningkatkan pelayanan, keamanan, dan ketertiban.

Sementara itu, kata dia, soal pencegahan narkoba di Lapas Kayuagung sendiri, pihaknya kerap melakukan koordinasi dengan pihak Polres OKI, BNN OKI.

“Dan, Alhamdulilah masih berkelanjutan dan dimana juga dengan BNK OKI ada MoU, kesepakatan bersama. Termasuk, adanya pemeriksaan rutin, baik warga binaan maupun pegawai,” urainya.

Reza Mediansyah Purnama juga mengimbau kepada masyarakat untuk pengunjung warga binaan agar dapat bersabar, sebab belum adanya pemberitahuan dan perintah lanjutan dari Dirjen, untuk diadakanya jam
kunjungan.

Namun, tidak menutup kemungkinan pasti akan dilaksanakan karena itu, diminta bersabar. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.