Ini Tiga Jenis Obat Covid-19 yang Beredar di Palembang

Kamis, 10 Februari 2022
Balai Besar Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang memastikan ketersediaan stok obat-obatan tercukupi. Ilustrasi

Palembang, Sumselupdate.com – Kasus Covid-19 kembali meningkat beberapa Minggu belakangan. Balai Besar Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang memastikan ketersediaan stok obat-obatan tercukupi.

Kepala BBPOM Kota Palembang Zulkifli mengatakan, pihaknya telah memastikan stok obat Covid di gudang suplayer obat di Kota Palembang aman.

“Obat yang beredar ke apotek juga harus yang telah disetujui oleh BBPOM, jadi jangan asal minum obat (terutama obat kimia),” katanya.

Ada tiga jenis obat Covid yang benar-benar disetujui oleh BBPOM. Obat ini salah satunya disediakan oleh suplayer Enseval di Palembang.

Advertisements

“Dua yang paten dan satu generik. Yang generik itu Favipiravir, dan dua yang paten yaitu Favikal dan Remdesivir Covifor,” katanya.

Selain disediakan oleh fasilitas kesehatan, obat ini juga dijual di apotek. Namun masyarakat tidak bisa sembarangan membelinya tanpa resep dokter.

“Ini obat keras, harus dibeli dengan resep dokter, biasanya kalau pasien Covid-19 sudah dikasih obat-obat itu langsung dari dokter,” katanya.

Sebelumnya, bersama Pemerintah Kota Palembang BBPOM telah melakukan penelusuran ke gudang-gudang obat dan dipastikan stok aman.

“Tiga jenis obat itu salah satunya yang beredar di Palembang stoknya aman,” katanya. (Iya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.