IKM Pintar Kantor Imigrasi Muaraenim Ditambah Fitur Berbahasa China

Petugas sedang membantu warga menggunakan aplikasi Inovasi Indeks kepuasan masyarakat (IKM) Pintar.

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdatecom – Seiring dengan kemajuan teknologi semakin pesat serta dalam menunjang tugas dan fungsi keimigrasian dalam mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) kantor Imigrasi Kelas ll Non TPI Muaraenim kembangkan Inovasi Indeks kepuasan masyarakat (IKM) Pintar dengan menambah fitur pada aplikasi berbahasa China.

“Kita di tahun 2021, kembali mengembangkan Inovasi Aplikasi IKM Pintar dengan penambahan fitur bahasa Asing dan mengintegrasikan pada Website Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muaraenim, guna menunjang Indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja kita,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi Muaraenim Made Nurhepi Juniartha, Selasa (1/6/2021) pada media ini.

Dijelaskan Made, pengembangan Inovasi Aplikasi ‘IKM Pintar’ di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muaraenim, merupakan mesin inovasi Aplikasi dibuat ditahun 2020 dan diresmikan langsung oleh bupati.

Dimana pada saat itu, Kantor Imigrasi Muaraenim ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui penilaian dan komentar mereka terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas, yang tujuannya untuk menyasar masyarakat Warga Negara Indonesia pemohon Paspor Republik Indonesia.

“Sekarang tidak hanya Warga Negara Indonesia yang dapat menilai dan berkomentar terhadap layanan keimigrasian yang diberikan oleh petugas. Namun, Warga Negara Asing pun juga dapat menilai dan berkomentar terhadap kinerja kantor imigrasi Muaraenim,” bebernya.

Lanjut Made, selain fitur bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam aplikasi IKM tersebut, pihaknya juga menambahkan fitur dalam aplikasi IKM pintar tersebut yaitu bahasa China.

“Dikarenakan di wilayah kerja Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Muaraenim ini, ada beberapa proyek strategis Nasional yang pekerja asingnya adalah kebanyakan Warga Negara China. Jadi kami juga menambahkan fitur bahasa dalam China,” terangnya.

Lebih jauh Made menerangkan, aplikasi IKM pintar tersebut tidak hanya berlaku bagi kantor Imigrasi Muaraenim saja, namun juga berlaku kepada seluruh Unit Kerja Kantor (UKK) Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Muara Enim di wilayah Provinsi Sumsel.

“Sekarang masyarakat dapat dengan mudah mengakses inovasi aplikasi IKM Pintar ini, dengan mengkases IKM pintar tersebut bisa lewat SmartPhone atau PC nya dimana saja dengan masuk pada Website Kantor yaitu : https://kanimmuaraenim.kemenkumham.go.id,” terangnya.

Aplikasi IKM Pintar ini, ditambahkan Made, merupakan suatu aplikasi kepada masyarakat yang dapat terlibat secara langsung dalam menilai dan berkomentar melalui aplikasi ini terhadap kinerja Kantor Imigrasi Muaraenim.

“Ini langsung dipantau secara real time oleh saya, diharapkan dengan adanya IKM pintar ini akan terus menjadi tolak ukur kinerja para pegawai kita untuk semangat dan komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, melanjutkan tujuan untuk mewujudkan Zona Integritas dalam mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, ” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.