HUT Sumsel, Gubernur Herman Deru Bedah 75 Rumah di Palembang

Gubernur Sumsel Herman Deru, memberikan hadiah berupa bedah rumah kepada masyarakat tidak mampu.

Palembang, Sumselupdate.com – Gubernur Sumsel Herman Deru, memberikan hadiah berupa bedah rumah kepada masyarakat tidak mampu di wilayahnya. Ditahap awal, bedah rumah akan dilakukan untuk 75 rumah yang ada di Kota Palembang, nantinya berlanjut di kabupaten dan kota yang lain di Sumatera Selatan.

“Kita menginisiasi untuk bedah rumah yang tidak layak huni agar lebih layak digunakan masyarakat yang menerima manfaat. Memang di awalnya kita bedah 75 rumah karena simbolis HUT Sumsel yang ke-75 tahun, tapi bisa lebih dari ini,” kata Herman Deru, usai launching bedah rumah kepedulian ASN, BUMD dan BUMN di Provinsi Sumsel dalam rangka HUT Sumsel ke 75 tahun, Palembang, Rabu (7/7/2021).

Read More

Ia mengatakan, kebutuhan rumah yang harus dibedah di Palembang ada 3.000. Namun, ini bukan berarti pemerintah tidak perharian. Hanya saja, terkadang syarat untuk administrasi yang belum lengkap.

“Untuk program resmi dari pemerintah, tentu ada banyak syaratnya. Harapan saya nantinya persyaratannya tidak menyulitkan. Namun saya memantik dan menginisiasi kepada pemerintah di kabupaten dan kota di Sumsel, agar bisa mengajak perusahaan baik BUMD, BUMS dan BUMN yang ada di wilayahnya untuk berkontribusi,” kata dia.

Salah satu rumah yang dibedah.

Seperti yang dilakukan pada bedah rumah ini, Pemprov Sumsel melibatkan semua pihak terkait. Sehingga dalam program bedah rumah ini, BUMD dan BUMN yang ada di wilayah Sumsel diikutsertakan membantu menyukseskan bedah rumah ini.

Bahkan ASN pun diajak untuk berkontribusi menyisihkan pendapatannya untuk membantu program bedah rumah bagi masyarakat tidak mampu ini.

“Kita akan menyegerakan pembangunan bedah rumah ini, agar mereka yang menerima manfaat dapat merasakan memiliki rumah yang lebih layak,” kata dia.

Menurut Herman Deru, rumah layak huni juga dimaksudkan dengan memiliki sanitasi yang baik sehingga mereka yang mendapatkan manfaat bisa menghidupi keluarganya di lingkungan yang baik.

“Ini diinisiasi Pemprov Sumsel dan pelaksanaanya langsung oleh berbagai pihak. Kita minta agar pemerintah daerah dapat berkoordinasi untuk menentukan para penerima manfaat, titik mana saja yang dinilai urgent (mendesak),” kata Herman Deru.

Salah satu warga yang rumahnya dibedah.

Dengan menggandeng BUMD, BUMS ataupun BUMN, ia berharap ribuan rumah tak layak huni yang ada di wilayah tersebut dapat terealisasi.

“Sementara untuk program ini, baru ada 13 perusahaan yang terlibat namun nanti kita ajak yang lain,” ucapnya.

Herman Deru menuturkan, kepedulian seperti ini akan langsung bisa dinikmati masyarakat yang membutuhkan. Karena memang, kata dia, Pemprov Sumsel fokus pada kesejahteraan masyarakat. Dan program ini adalah salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat Sumsel.

“Karena itu juga, kepedulian sangat penting. Tapi tidak bisa jika hanya pemerintah daerah saja, perlu bantuan dari tangan-tangan lain. Kabupaten dan kota di Sumsel juga harus memulai hal seperti ini,” ucapnya.

Herman Deru berpesan, kepada para penerima manfaat agar dapat menjadikan bantuan program bedah rumah ini sebagai sebuah hadiah yang harus dijaga saat sudah selesai pembangunannya.

“Jadikan bantuan bedah rumah ini sebagai sebuah hadiah, meskipun mungkin ini tidak pernah terpikirkan oleh mereka,” tutupnya. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.