Haji Kloter 1 Diimbau Melapor, Jika Alami Demam Dalam 14 Hari ke Depan

Jakarta, Sumselupdate.com – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyambut 388 haji kloter 1 yang pulang ke Indonesia di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Minggu (18/9/2016).

Nila mengimbau para haji yang baru tiba itu untuk memperhatikan perubahan kondisi kesehatan dan gejala yang dirasakan. Para jemaah mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 2.15 WIB kemudian melanjutkan perjalanan menuju Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Bacaan Lainnya

“Setelah mereka disambut di Bandara oleh Menkes dan Kakanwil Kementerian Agama DKI Jakarta, selanjutnya menaiki bus menuju gedung SG 2 asrama haji,” kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Asrama Haji Jakarta, Zulkarnain, seperti dilansir detik.com, Minggu (18/9/2016).

Zulkarnain mengatakan, dalam sambutannya Menkes Nila menekankan agar para haji tanggap dalam perubahan kondisi kesehatan yang dirasakan. 388 Jamaah haji yang pulang ke Indonesia itu dipastikan dalam kondisi sehat semuanya. Tidak ada yang meninggal dan yang ditunda kepulangannya karena sakit.

“Menkes berpesan agar seluruh jamaah haji senantiasa menjaga kesehatannya. Bagi jamaah yang merasa tidak sehat, terlebih ada gejala panas setelah pulang dari Arab Saudi, dalam masa 14 hari (merasa demam) diminta secepatnya melapor dan periksa ke puskesmas atau RS terdekat,” urai Zulkarnain.

“Hal itu untuk mengantisipasi virus mers atau lainnya. Menkes juga membagikan kartu kontrol kesehatan kepada seluruh haji kloter 1,” imbuhnya.

Lanjut Zulkarnain, selama di asrama para haji diberikan ruang untuk beristirahat sambil menunggu barang-barang mereka tiba. Makanan dan jamuan lainnya sudah disiapkan asrama untuk menjaga kesehatan jamaah.

“Kemudian selanjutnya menerima air zam-zam masing-masing 5 liter dan langsung menemui keluarga yang sudah menjemput,” ujar Zulkarnain.(pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.