Bawa Uang Rp2 Miliar, 3 Jemaah Haji Indonesia Ditahan di Bandara Madinah

Jakarta, Sumselupdate.com – Kedapatan membawa uang sekitar Rp2 miliar, sebanyak 3 orang jemaah haji Indonesia terpaksa harus ditahan pihak Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah, Arab Saudi.

Peristiwa ini terjadi pada Senin (3/10/2016) pada pukul 11.30 waktu Arab Saudi. Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan kejadian ini ada ketika 3 orang jamaah masuk di pemeriksaan X-Ray Gate Zero Bandara AMAA Madinah.

Bacaan Lainnya

Mereka dicurigai karena membawa uang sekitar Rp2 miliar dalam pecahan dolar Amerika Serikat dan Euro. Kemudian pihak imigrasi meminta keterangan dengan cara membuat berita acara pemeriksaan.

“Ketika masuk di pemeriksaan X-Ray Gate Zero Bandara Madinah, Rochmat Kanapi Podo (58) ditahan petugas imigrasi karena diduga membawa uang yang sangat banyak. Jemaah tersebut dibawa ke ruang kantor polisi bandara untuk dimintai keterangan (BAP) tentang kepemilikan uang yang dibawa,” kata Agus Maftuh melalui keterangan tertulis yang diterima, seperti dilansir detik.com.

Setelah BAP dilakukan, diketahui uang itu milik Ansharul Adhim Abdullah (47) dengan Nomor Paspor B3924641. Ansharul beralamat di Tebaloan RT31 Duduksampeyan, Gresik, Jawa Timur. Ansharul juga menitipkan uang tersebut kepada istrinya, yakni Sri Wahyuni Rahayu (36) dengan Nomor Paspor A4227775.

“Ketiga jemaah tersebut hanya boleh didampingi seorang Petugas Daker Airport yang bernama Ahmad Mukarom. Uang US Dollar dan Euro sampai saat ini masih dalam proses penghitungan oleh pihak polisi Bandara AMAA Madinah,” tutur Agus Maftuh. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.