Menhan: Tiga WNI Disandera Abu Sayyaf Bebas

Ilustrasi Penyanderaan (liputan6.com)

Jakarta, Sumselupdate.com – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamirzard Ryacudu menggelar pertemuan dengan Menhan Filipina Sec Delfin Lorenzana, di Manila, Sabtu (18/9/2016). Pertemuan ini membahas tentang upaya pembebasan WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf.

Pertemuan ini menindaklanjuti pembicaraan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte saat berkunjung ke Jakarta, pekan lalu. Panglima AB Filipina beserta para kepala staf angkatan Filipina juga hadir dalam pertemuan itu.

Bacaan Lainnya

Fokus pembicaraan adalah menindaklanjuti hasil kesepakatan joint statement antara Presiden Jokowi dan Presiden Duterte, serta mematangkan mekanisme rencana operasi darat gabungan Indonesia-Filipina.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan pembahasan upaya pembebasan sandera WNI yang masih ditahan oleh kelompok Abu Sayyaf Group (ASG). Angkatan Bersenjata Filipina terus meningkatkan pengerahan pasukan dalam operasi di pulau Jolo untuk pembebasan para Sandera.

Setelah pertemuan itu, Menhan Ryamirzad Ryacudu langsung menuju Zamboanga untuk menemui Panglima Mindanao Barat, Letjen Mayoralgo Dela Cruz. Upaya tersebut membuahkan hasil yakni tiga sandera WNI beserta satu warga Norwegia telah dibebaskan oleh kelompok ASG.

Menurut Ryamirzad Ryacudu, keberhasilan ini merupakan buah dari kerjasama yang konkret antar Kementrian Pertahanan dan Angkatan Bersenjata kedua negara.

“Ini merupakan wujud tindak lanjut dari kesepakatan Trilateral Filipina, Indonesia dan Malaysia yang telah ditandatangi di Bali, beberapa waktu lalu,” kata Ryamirzad Ryacudu melalui sambungan telepon dari kota Filipina Minggu pagi, seperti siaran pers resmi Kemenhan yang dilansir dari detik.com, Minggu (18/9/2016). (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.