Gelar Operasi Gabungan, Imigrasi Muaraenim dan Tim Pora Musi Rawas Sambangi PT Agro Kati Lama

Operasi gabungan Imigrasi Muaraenim dan Tim Pora Musi Rawas di PT Agro Kati Lama

Musi Rawas, Sumselupdate.com — UUntuk mencegah dampak negatif akibat keberadaan dan kegiatan orang asing, Kantor Imigrasi Muaraenim Kemenkumham Sumsel menyelenggarakan Operasi Gabungan Tim PORA di Kabupaten Musi Rawas, Selasa (13/9/2022).

Operasi gabungan ini diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel beserta jajaran, Kepala Kantor Imigrasi Muaraenim Kemenkumham Sumsel, Kepala Seksi Inteldakim Kanim Muaraenim serta perwakilan instansi anggota Tim PORA Kabupaten Musi Rawas yang terdiri dari Kesbangpol, BNN, BIN, Lapas Narkotika Kelas II A Muara Beliti, Disnaker, Disdukcapil, Kejari, Kemenag, Polres, Kodim, Kaposbinda dan Koordinator pengawas Ketenagakerjaan Kabupaten Musi Rawas.

Read More

Kepala Kantor Imigrasi Muaraenim Kemenkumham Sumsel, Made Nur Hepi Juniartha mengatakan operasi gabungan ini digelar untuk menjaga keamanan dan kepentingan nasional dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat keberadaan dan kegiatan orang asing.

“Kita tetap mengacu kepada kebijakan pemerintah di bidang keimigrasian serta aturan dari instansi yang lain yang mempunyai kewenangan dalam orang asing menurut aturan tugas dan fungsinya secara humanis dan mengedepankan sinergitas,” ujarnya.

Operasi gabungan Imigrasi Muaraenim dan Tim Pora Musi Rawas di PT Agro Kati Lama

 

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Herdaus memimpin langsung rapat persiapan Operasi Gabungan di Unit Kerja Keimigrasian Kabupaten Musi Rawas. Herdaus menjelaskan operasi gabungan merupakan salah satu kegiatan Tim PORA Provinsi Sumatera Selatan sebagai bentuk pembinaan humanis terhadap perusahaan yang mempekerjakan orang asing.

“Dengan demikian diharapkan terjalin kerja sama dan sinergitas yang baik antara instansi terkait, perusahaan dan orang asing di Kabupaten Musi Rawas,” ungkapnya.

Pada operasi gabungan di wilayah Kabupaten Musi Rawas ini, target perusahaan yang dituju ialah PT. Agro Kati Lama yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit. Untuk mencapai lokasi perusahaan tersebut, Imigrasi Muaraenim bersama anggota Tim PORA Musi Rawas harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam menggunakan kendaraan roda empat.

Damanik selaku perwakilan dari PT. Agro Kati Lama memaparkan profil perusahaan dan melaporkan 1orang TKA berkewarganegaraan Malaysia pemegang ITAS yang diterbitkan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muaraenim.

Anggota Tim PORA selanjutnya melakukan pengecekan lapangan berdasarkan tugas dan fungsi masing-masing. Hasil pemeriksaan tim tidak menemukan pelanggaran keimigrasian terhadap dokumen keimigrasian Tenaga Kerja Asing di perusahaan tersebut.

Rapat persiapan operasi Imigrasi Muaraenim dan Tim Pora Musi Rawas di PT Agro Kati Lama

 

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto mengapresiasi jalannya kegiatan operasi gabungan di Musi Rawas sebagai salah satu bentuk pengawasan terhadap WNA.

“Kehadiran imigrasi diharapkan mendukung iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi di Sumatra Selatan,” pungkasnya.(rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.