Fadel Muhammad: Salah Satu Tugas MPR Ingin Indonesia Negara Maju

Selasa, 14 November 2023

Medan, Sumselupdate.com- Wakil Ketua MPR RI Prof. Fadel Muhammad mengatakan, salah satu tujuan dan tugas MPR RI ingin Indonesia mampu tumbuh dan berkembang, bahkan menjadi negara maju.

Untuk mencapai itu, tidaklah mudah, selain kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi, bangsa Indonesia harus memiliki pondasi kuat, harus mampu memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur bangsa.

Bacaan Lainnya

“Pondasi ini tidak boleh diremehkan, seperti sebuah bangunan, jika pondasi tidak kuat bangunan sebagus apapun akan hancur,” ujar Fadel dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR kerjasama MPR dengan DPP Pemuda Merga Silima (DPP PMS), di Sei Asahan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (13/11/2023).

Nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud, lanjut Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI ini adalah, Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
“Kami menyebutnya sebagai Empat Pilar MPR RI. Karena keberadaannya yang sangat penting buat bangsa, UU kemudian memberikan amanah kepada MPR untuk melakukan upaya pemasyarakatan atau Sosialisasi Empat Pilar kepada seluruh rakyat Indonesia,” jelas mantan Gubernur Provinsi Gorontalo dua periode ini.

Dikatakan, Sosialisasi Empat Pilar MPR bukanlah hal baru buat bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar sudah lama ada dalam ingatan dan hati seluruh rakyat Indonesia. Contohnya, Pancasila sebagai ideologi negara, Pancasila tidak tergoyahkan sejak Pancasila tercipta.

“Berbagai ideologi baik kanan dan kiri yang diniatkan mengganti Pancasila, ternyata sampai saat ini ditolak seluruh rakyat Indonesia. Pancasila tetap menancap kuat sebagai ideologi negara. MPR hanya berupaya melakukan pemahaman kembali atau mengingatkan kembali Pancasila,” tuturnya.

Acara sosialisasi berlangsung sangat ramai, serius tapi santai. Respon seluruh peserta sangat luar biasa. Apalagi, saat sesi dialog interaktif dan tanya jawab. Moderator sampai harus berupaya keras mengatur peserta, yang sangat antusias memberikan pertanyaan atau sekedar berdiskusi pendek.

Fadel Muhammad bersama Anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara Dr. Badikineta Sitepu sebagai narasumber utamapun dengan lugas menjawab pertanyaan yang diajukan dan merespon diskusi yang dilakukan peserta.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Hana Hasanah Shahab, Pimpinan dan anggota DPP PMS dan sekitar 200 lebih peserta sosialisasi dari berbagai elemen dan organisasi masyarakat serta mahasiswa seperti, Perempuan Batak Indonesia Sejahtera (PBIS), Parsadaan Pomparan Toga Sinaga (PPTS), DPP Wanita Pujakesuma dan Persatuan Rohaniawan Sumatera Utara (Persura), Himpunan Masyarakat Nias, Persatuan Mahasiswa Katolik (PMKRI), Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia (LPMI). (duk)


Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.