Enam Produk UKM Kabupaten Mura Tersertifikasi Halal MUI, Ini Nama Produknya

Jumat, 23 Agustus 2019
Suasana penyerahan sertifikasi halal kepada enam produk UKM Kabupaten Mura dari Majelis Ulama Indonesia di Gedung BLK Muarabeliti, Kamis (22/8/2019).

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Enam produk Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Musirawas (Mura) tersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Keenam produk yang sudah tersertifikasi tersebut adalah kopi Selangit UKM, kopi bubuk Gumanti Desa Karang Panggung Kecamatan Selangit.

Bacaan Lainnya

Bandrek Pinang Kahe Bukit Cogong Food, UKM Melati Desa Sukakarya Kecamatan STL Ulu Terawas, Keripik Pisang Baswae UKM Sehati Desa Trisakti, Kecamatan Megang Sakti.

Selanjutnya, UKM KPK Komunitas Peyek Kacang Desa F Trikoyo, Kecamatan Tugumulyo, UKM Maju Bersama Desa C Nawangsasi, Kecamatan Tugumulyo, dan UKM Beras Organik Desa Suka Makmur, Kecamatan BTS Ulu.

Sertifikat halal ini diserahkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM H Yamin Pabli, SE, MM kepada pelaku usaha di sela-sela kegiatan Temu Usaha para pelaku UMKM dengan LP POM MUI Palembang dan BPOM Lubuklinggau di Gedung BLK Muarabeliti, Kamis (22/8/2019).

Kadis Koperasi dan UKM Mura, H Yamin Pabli mengucapkan selamat kepada UKM-UKM yang telah menerima sertifikat Halal.

Dia berharap UKM lainnya yang telah mengajukan untuk disertifikasi dapat segera menerima sertifikat yang sama.

“Diskop dan UKM akan terus berusahan untuk menumbuhkembangkan dan memfasilitasi UKM agar produk-produknya dapat memiliki nilai jual yang tinggi dan dipercaya konsumen, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM, Reza Yanuar mengungkapkan, manfaat sertifikasi halal ini agar produk UKM Kabupaten Mura dapat bersaing di pasar global dan berpotensi ekspor, sekaligus bisa dipasarkan di retail modern.

“Kita berharap ke depan dengan adanya fasilitasi sertifikat halal ini bisa menciptakan produk unggulan baru yang berdaya saing dan berpotensi ekspor sehingga bisa meningkatkan penghasilan masyarakat,” harap Reza.

Temu Usaha UMKM yang diselenggarakan, lanjut Reza akan menghadirkan narasumber dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Lubuklinggau Inspektur pangan BP POM Lubuklinggau Ronny Syafri, MSi, Apt dan direktur LP POM MUI Palembang, Dr Ir Tri Wardani Widowati, MP sekaligus perberkasan sertifikasi halal produk UKM. (ain)

 

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.