Empat Kecamatan di Kabupaten Lahat Masuk Rencana Kontijensi Terkait Status Waspada Gunung Dempo

Gunung Dempo Kota Pagaralam dilihat dari wilayah kecamatan di Kabupaten Lahat.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Menanggapi kenaikan level Gunung Dempo dari level 1 (normal), menjadi level II (waspada), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat Ali Apandi mengaku sudah melakukan koordinasi terkait kepada camat yang wilayah berdekatan dengan Gunung Dempo Kota Pagaralam.

Read More

Menurut Ali, ada empat kecamatan yang sebagian wilayahnya berada di kaki Gunung Dempo Pagaralam tepatnya di wilayah Kecamatan Suka Merindu, Jarai, Muara Payang, dan kawasan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat.

Ali mengatakan, empat kecamatan ini masuk Rencana Kontijensi untuk menyesuaikan kondisi lapangan sesuai kondisi aktual, seperti jalur evakuasi atau titik pengungsian serta mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung seperti tenda dan peralatan sanitasi, atau membuat, memperbaharui rencana kontijensi yang sudah ada.

“Kita sudah menyampaikan informasi ini ke camat sesuai dengan wilayahnya, untuk di sampaikan ke desa masing masing,” kata Ali melalui sambungan seluler, Jumat (7/1/2022).

Ali menambahkan, pihaknya juga melakukan komunikasi dua arah, yakni komunikasi kepada BPBD Sumsel dan komunikasi kepada camat.

Komunikasi dua arah ini agar dapat dengan segera melakukan antisipasi terhadap dugaan erupsi Gunung Dempo, sehingga akan cepat tanggap apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga sudah menghuhungi BPBD Provinsi Sumsel, agar melakukan koordinasi dengan kami dan BMKG, mengenai langkah langkah terpadu penanganan erupsi Gunung Dempo,” ujar dia.

Namun dia meminta, warga tidak panik dan tetap waspada. Jangan percaya isu hoax dan hanya memastikan kondisi aktual dari pemerintah melalui BPBD, dan BMKG.

“Intinya jangan panik, kami akan berusaha melakukan koordinasi apabila ada perkembangan terbaru mengenai status Gunung Dempo ini,” terangnya.

Sebelumnya, berdasarkan surat edaran dari Badan Geologi Kementerian ESDM, Pemerintah Kota Pagaralam, Kabupaten Lahat dan Empat Lawang, untuk dapat meninjau kembali rencana kontijensi, titik titik evakuasi di lokasi seputaran Gunung Dempo.

Memang Gunung Dempo identik dengan Kota Pagaralam, namun dalam rekomendasi dari Kementerian ESDM, bahwa Kabupaten Lahat turut terlibat dalam mempersiapkan segala halnya lantaran sebagian wilayahnya berada di kaki Gunung Dempo, tepatnya di wilayah Kecamatan Suka Merindu, Jarai dan Muara Payang, dan kawasan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.