Dua Saksi Beratkan Dua Terdakwa Dugaan Korupsi Uji Tera Banyuasin, Sidang Masih Bergulir

Sidang lanjutan dugaan Korupsi Uji Tera, Kabupaten Banyuasin.

Palembang, Sumselupdate.com – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Banyuasin, menghadirkan langsung dua orang saksi Yakni Dirut PT Subhan, Bahroni dan Karyawan PT Mugi Eddy Siswanto, pada sidang lanjutan dugaan Korupsi Uji Tera, Kabupaten Banyuasin, yang menjerat empat terdakwa.

Sidang digelar secara virtual diketuai oleh hakim Abu Hanifah SH MH di Pengadilan Tipikor Palembang Klas 1A Khusus Sumsel, Selasa (22/6/2021)

Bacaan Lainnya

Dalam keterangannya, Saksi Eddy Siswanto, selaku karyawan PT Mugi mengatakan, jika sejumlah uang ditransfer ke terdakwa Tommy Ardiansyah dan Terdakwa Hari Iwiansyah.

“Uang tersebut sebagian ditransfer ke rekening pribadi keduanya. Dan ada juga yang di berikan secara tunai (cash),” kata saksi Eddy di hadapan majelis hakim, Selasa (22/6/2021).

Uang yang ditransfer tersebut merupakan pembayaran untuk pengajuan uji tera, yang dilakukan oleh PT Mugi ke rekening pribadi terdakwa Tommy dan Hari.

Atas keterangan tersebut, kedua terdakwa mengaku tidak keberatan atas keterangan yang disampaikan oleh saksi.

Saksi juga menjelaskan, dari hasil pembayaran tersebut, pengujian tera benar-benar dilakukan dan mendapatkan sertifikat, berupa hasil uji tera yang dikeluarkan satu minggu setelah pengujian dilaksanakan.

“Pelaksanaan uji tera berlangsung hanya satu hari. Dan kegiatannya benar-benar dilaksanakan,” jelas saksi Eddy.

Sementara itu, dikonfirmasi pada Kuasa Hukum terdakwa Tommy Ardiansyah, Nurmalah SH MH mengatakan, pihaknya masih akan melakukan pembelaan pada kliennya.

“Memang benar pihak pemndor (saksi) mengatakan hal tersebut. Namun inikan masih dalam pemeriksaan saksi, mengedepankan azas praduga tak bersalah. Nantikan ada saatnya untuk terdakwa memberikan keterangannya,” ujar Nurmala, Selasa (22/6/2021).

Nurmala juga mengatakan, akan menyiapkan fakta-fakta pembelaan di persidangan yang akan datang.

“Hakim akan memutuskan suatu perkara itu tidak hanya berdasarkan satu keterangan saksi saja, ada banyak yang akan jadi pertimbangan majelis hakim. Oleh itu kami selaku kuasa hukum akan terus berusaha memunculkan fakta-fakta jika klien kami dapat lepas dari jerat hukum,” jelasnya.

Untuk diketahui dalam kasus dugaan korupsi Uji Tera, Kabupaten Banyuasin ada empat terdakwa yang terseret didalamnya, yakni Hari Iwiansyah, ASN Disperindag Kabupaten Banyuasin, Tommy Ardiansyah, Kepala Seksi Pembinaan Jabatan Fungsional pada bidang Kemetrologian dan Pengawasan Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Palembang, dan Afghanis, Kepala Seksi Pelayanan Tera/Tera Ulang pada Bidang Kemetrologian dan Pengawasan Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Palembang, serta Emen. (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.