Dosen Teknik Sipil Universitas PGRI Palembang Gelar PkM di SMAN 1 Rantau Panjang Ogan Ilir  

Tim dosen Prodi Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang sedang melakukan penyuluhan pemanfaatan biopori sebagai alternatif mengatasi genangan air dan sebagai penghasil pupuk kompos di SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, Rabu (25/8/2021).

Palembang, Sumselupdate.com – Tim dosen Program Studi (Prodi) Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang mengadakan sosialisasi tentang penyuluhan pemanfaatan biopori sebagai alternatif mengatasi genangan air dan sebagai penghasil pupuk kompos di SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Rabu (25/8/2021).

Kegiatan penyuluhan ini merupakan bentuk Pengabdikan kepada Masyarakat (PkM) tim dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang yang diketuai Amiwarti, ST, MT dengan anggota Adiguna, ST, MSi, Herri Purwanto, ST, MT, Dr M Firdaus, ST, MT, Reffanda Kurniawan, ST, MM, Agus Setiobudi, ST, MSi, dan Syahril Alzahri, ST, MT.

Read More

Suasana penandatanganan MoU oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR diwakili oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Adiguna, ST, MSi dan Kepala SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir Marda’i, SPd, MSi.

Tim dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang ini dibantu tiga mahasiswa Guntur Gunawan, Muhammad Muhafizin, dan Annisa Rahmadhani.

Sebelum pelaksanaan PkM digelar, dilaksanakan terlebih dahulu penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR diwakili oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Adiguna, ST, MSi dan Kepala SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir Marda’i, SPd, MSi.

 

Tim dosen Prodi Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang sedang melakukan penyuluhan pemanfaatan biopori sebagai alternatif mengatasi genangan air dan sebagai penghasil pupuk kompos di SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Adiguna, ST, MSi mengatakan kegiatan MoU ini dilaksanakan untuk melakukan kerja sama baik dalam bidang pengajaran, penelitian, dan PkM.

Adiguna mengajak para siswa-siswi untuk selalu memberikan motivasi kepada diri sendiri agar tetap semangat setelah lulus nanti untuk melanjutkan di bangku perkuliahan.

Suasana Pengabdikan kepada Masyarakat atau PkM yang dilaksanakan tim dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang yang diketuai Amiwarti, ST, MT.

Pada kesempatan itu Adiguna menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Suasana penandatanganan MoU oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR diwakili oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang Adiguna, ST, MSi dan Kepala SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir Marda’i, SPd, MSi.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.

Ditambahkan Adiguna, bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Tim dosen Prodi Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang berfoto bersama dengan siswa dan guru Kepala SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir.

Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Dr Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR.

Kepala SMA Negeri 1 Rantau Panjang Ogan Ilir Marda’i, SPd, MSi mengapresiasi kegiatan MoU dan PkM Tim dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang.

“Terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang sudah memilih SMA Negeri 1 Rantau Panjang sebagai tempat PkM. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat bagi guru, pengelola, dan khususnya bagi siswa-siswi kami,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PkM Amiwarti, ST, MT menjelaskan kegiatan PkM ini bertujuan memotivasi siswa dan pegawai di SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir untuk peduli kepada lingkungan dan mengerti tentang teknologi resapan biopori yang mempunyai fungsi ganda yaitu meresapkan air dan tempat menghasilkan pupuk kompos organik.

Tujuan lain dari PkM ini menurut Amiwarti, salah satu tuntutan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki dosen sesuai bidang keahliannya dan berperan aktif dalam kegiatan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dikatakan Amiwarti, adapun materi disampaikan mengenai Pemanfaatan Biopori Sebagai Alternatif Mengatasi Genangan Air dan Sebagai Penghasil Pupuk Kompos di SMA Negeri 1 Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir.

Materi ini disampaikan kepada pegawai, guru, dan perwakilan siswa kelas III.

Untuk instruktur dalam kegiatan PKM ini adalah dosen-dosen yang aktif mengajar di Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang yang menguasai bidangnya.

Adapun instruktur itu yakni Adiguna, ST, MSi, Dr M Firdaus, ST, MT, Amiwarti, ST, MT, Reffanda Kurniawan, ST, MM, Herri Purwanto, ST, MT,  Agus Setiobudi, ST, MSi, dan Syahril Alzahri, ST, MT. (rel)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.