Dosen FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan Pembelajaran Matematika Menyenangkan Bagi Guru SD

Suasana PkM berupa pelatihan pembelajaran matematika yang menyenangkan di masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 3 Gajah Mati, Muba, Sumsel, Senin (14/12/2020).

Sekayu, Sumselupdate.com – Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).

PkM ini dilaksanakan selama satu hari dengan diikuti 30 orang guru SD Korwil Babat Supat yang dipusatkan di SD Negeri 3 Gajah Mati, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada Senin (14/12/2020).

Bacaan Lainnya

PkM yang mengangkat tema ‘Pelatihan Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru di Muba’ diketuai Anggria Septiani Mulbasari, MPd dengan anggota Ety Septiati, SSi, MT, Dra Jumroh, MPd, Dra Lusiana, MPd, dan Marhamah, MPd  serta dibantu dua orang mahasiswa Achmad Amin Setiabudi dan Lingga Anzalna.

Peserta serius mengikuti kegiatan PkM berupa pelatihan pembelajaran matematika yang menyenangkan di masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 3 Gajah Mati, Muba, Sumsel, Senin (14/12/2020).

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut adalah Hakikat, Konsep, dan Prinsip Joyfull Learning yang disampaikan oleh Dra Jumroh, MPd.

Sedangkan Anggria Septiani Mulbasari, MPd menyampaikan materi Komik Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Daring Matematika.

Dra Lusiana, MPd mengambil materi mengenai Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan Dengan Metode Permainan, Marhama, MPd dalam paparannya bertema Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, dan Ety Septiati, SSi, MT membawakan materi mengenai Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan Berbasis Proyek.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Anggria Septiani Mulbasari, MPd  menjelaskan, PkM yang rutin dilaksanakan satu semester sekali ini, bertujuan untuk membantu masyarakat dalam membekali keterampilan baik bidang akademik maupun bidang non akademik.

Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus Ketua PkM, Anggria Septiani Mulbasari, MPd menyerahkan cinderamata kepada Kepala SD Negeri 3 Gajah Mati, M Hardi Nasution, SPd.

Tujuan lain dari PkM ini, membekali dan membantu guru dalam mengembangkan media pembelajaran matematika SD yang menyenangkan.

Dia berharap setelah mengikuti pelatihan para peserta dapat mengetahui tentang pentingnya media pembelajaran matematika SD yang menyenangkan pada masa pademi Covid-19.

Hal tersebut secara umum dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

“Dengan terciptanya media-media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan maka proses belajar mengajar akan lebih menarik, siswa akan lebih termotivasi dalam belajar, sedangkan guru dapat menjelaskan materi pelajaran dengan lebih mudah,” jelasnya

Pada kesempatan itu, Anggria Septiani Mulbasari melakukan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dengan menawarkan berbagai kemudahan bagi guru yang akan kuliah di Universitas PGRI Palembang.

Berbagai kemudahan tersebut di antaranya pendaftaran gratis untuk Strata Dua (S2), diskon 25% biaya pendidikan bagi S2, diskon 50% bagi guru dan anak guru yang akan melanjutkan studi di Strata Satu (S1), dan berbagai fasilitas lainnya.

Tim PkM dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang berfoto bersama dengan Kepala SD Negeri 3 Gajah Mati, M Hardi Nasution, SPd.

Kegiatan PkM ini disambut sangat baik dan hangat oleh Kepala SD Negeri 3 Gajah Mati, M Hardi Nasution, SPd beserta jajarannya.

Hardi Nasution mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih SD Negeri 3 Gajah Mati sebagai tempat pelaksanaan kegiatan PkM.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM. Hal ini semoga dapat membantu para guru kami dalam meningkatkan mutu SDM terutama dalam pelajaran matematika,” harapnya. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.