Dodi Reza Alex Ditahan KPK, Beberapa Nama Bermunculan Menatap Pilgub Sumsel 2024

Bupati Dodi Reza Alex ditahan KPK [ANTARA]

Palembang, Sumselupdate.com – Meski pelaksanaan Pemilihan Gubernur atau Pilgub Sumatera Selatan masih akan berlangsung pada 2024, namun usai Ketua DPD Partai Golkar Dodi Reza Alex Noerdin ditahan KPK, peta politik akhirnya berubah.

Bupati Dodi Reza Alex  yang menahkodai Partai Golkar Sumsel akan digantikan sosok yang kemudian juga berpeluang maju dalam Pilgub Sumsel 2024 nanti.

Karena itu, usai Dodi Reza Alex ditahan KPK  setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi suap infrastuktur perairan di dinas PUPR Musi Banyuasin, sejumlah tokoh akhirnya berpeluang maju dalam Pilgub Sumsel mendatang.

Dikutif dari Suara.com (jaringan nasional Sumselupdate.com), berdasarkan survei yang dilakukan lembaga Populi Center selama dua pekan di awal Oktober 2021 ini, sejumlah nama-nama tokoh berikut muncul menjadi pilihan masyarakat.

Dengan pertanyaan, ‘Ketika ditanya siapa tokoh yang paling dipilih untuk menjadi Gubernur Sumatera Selatan mendatang,’ sebanyak 800 koresponden yang tersebar di Sumatera Selatan mengerucutkan sejumlah nama yakni pada posisi pertama, terdapat Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru , sebesar 50,4 persen.

Setelah itu disusul Dodi Reza Alex Noerdin  sebesar 13,6 persen. Namun karena Dodi terjerat kasus korupsi dan tidak memberi peluang untuk ikut menjadi peserta Pilgub 2024, maka akan muncul peluang tokoh Partai Golkar lainnya.

Lalu setelahnya, Mawardi Yahya  (4,9 persen), Eddy Santana Putra  (4,3 persen), Prana Putra Sohe  (3,1 persen), dan Ridho Yahya  (2,4 persen).

Sementara, tokoh-tokoh lainnya mendapatkan persentase di bawah 2 persen antara lain Walikota Palembang, Harnojoyo, Wakil Ketua DPRD Sumsel, yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan, Giri Ramanda Kiemas, lalu ada nama mantan Gubernur Sumsel, Syahrial Oesman.

Nama lainnya yang muncul dengan persentase tidak besar yakni Mantan Bupati Lahat yang kini anggota DPRD Sumsel, Aswari, Bupati Ogan Komerin Ilir, Iskandar, dan Bupati OKU Selatan, Popo Ali.

Meski muncul nama-nama berikut, namun adanya syarat dukungan parpol di tubuh DPRD Sumsel juga mempengaruhi peluang tokoh-tokoh tersebut.

Dari hasil surveinya, mayoritas responden menilai sebaiknya Gubernur Sumatera Selatan mendatang berasal dari Partai Golkar (20,8 persen), disusul PDIP (15,9 persen), Gerindra (10,3 persen), Nasdem (7,0 persen), dan Demokrat (6,0 persen). Sementara partai lain mendapat angka di bawah 5 persen.

Sementara pemilu legislatif diadakan hari ini, sebesar 22,4 persen menjawab PDIP menjadi partai yang paling banyak dipilih, disusul Golkar (16,6 persen), Gerindra (16,1 persen), Demokrat (6,8 persen), dan PKS (3,4 persen). Adapun partai lainnya mendapatkan angka di bawah 3 persen. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.