Ditemukan 1 Hektar Ladang Ganja Siap Panen di Kabupaten Muratara

PRESS RELEASE-Satres Narkoba Muratara memberikan keterangan terkait penemuan ladang ganja, Rabu (14/10/2020).

Laporan: Marwan Ashari

Muratara, Sumselupdate.com-Jajaran Satres Narkoba Polres Muratara, berhasil menemukan 1 hektar lahan ganja siap panen di Jajaran Bukit Barisan, tepatnya di Ulu Sungai Lake, Desa Sukaraja, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Bacaan Lainnya

Penemuan ladang ganja tersebut terkuak setelah jajaran Satres Narkoba berhasil mengamankan dua tersangka pengedar ganja Novri alias Kinong (23) warga Dusun 3, Desa Sukaraja, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, dan Novri Kemal Putra (28), warga yang sama, Jumat (9/10/2020).

Lokasi ladang ganja yang ditemukan petugas.

Keduanya tertangkap tangan saat menjual Narkotika ke aparat yang sedang menyamar. Dari kedua tersangka berhasil diamankan barang bukti ganja 800 gram, handphone (HP) dan uang Rp270 ribu. Dari keterangan kedua tersangka diketahui ganja tersebut dibeli dari Rabuk (40), warga Desa Sukaraja, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, yang masuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang).

Kapolres Muratara AKBP Adi Witanto, SIK, melalui Waka Polres Kompol Mayestika mengatakan, dari lahan ganja yang diduga milik Rabuk diamankan sebanyak 295 batang ganja siap panen dengan berat bruto 49 kilogram (KG). Juga diamankan satu buah timbangan, cangkul dan satu buah sekop linggis.

Tersangka beserta barang bukti.

“Kedua tertangkap tangan memiliki dan membawa Narkotika golongan I dalam bentuk tanaman jenis ganja dengan berat bruto 800 gram,” ungkapnya saat press release, Rabu (14/10/2020).

Ketika dimintai keterangan para tersangka megatakan, Narkotika jenls Ganja tersebut dibeli dari Rabuk, dan juga pada saat dilakukan pemeriksaan para tersangka menerangkan bahwa Rabuk memiliki lahan ganja tersebut.

Lahan ganja tersebut berdasarkan dari keterangan kedua tersangka berada di seputaran Ulu Lake, Desa Sukaraja, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara.

Atas dasar dari keterangan para tersangka tersebut selanjutnya anggota dan Satres Narkoba Polres Muratara, melakukan penyelidikan dan pengembangan dalam bentuk observasi dengan menggunakan alat Drone dan GPS. Setelah melakukan penyelidikan dan pengumpulan bahan keterangan.

Selanjutnya, Selasa (13/10/2020) sekitar pukul 13.00 WIB personil Satres Narkoba Polres Muratara melakukan pencarian kebun ganja tesebut. Dan sekitar pukul 17.30 WIB, personil Satres Narkoba Polres Muratara, berhasil menemukan lahan ganja tersebut di Jajaran Bukit Barisan tepatnya di Ulu Sungai Lake, Desa Sukaraja, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara, Koordinat TKP (S 02° 59′ 36.6“, E 102° 40′ 27.9″) dengan kurang lebih luas lahan yang ditemukan seluas -/+ 1 (satu) hektar.

Setelah dilakukan penghitungan didapati 295 batang ganja siap panen dengan berat brutto 49kg, dan selanjutnya seluruh barang bukti yang ditemukan dibawa ke Kantor Satres Narkoba Polres Muratara. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.