Dinkes Sumsel Kembali Menerima 208.700 Dosis Vaksin Sinovac Covid-19

Palembang, Sumselupdate.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel kembali menerima kiriman sebanyak 208.700 dosis vaksin Sinovac Covid-19 dari pemerintah pusat, Kamis (24/6/2021). Vaksin tersebut langsung disimpan di Gudang Vaksin Dinkes Sumsel di kawasan Sekip Palembang.

Kepala Dinkes Sumsel, Lesty Nuraini mengatakan dalam rangka program Presiden Jokowi pelaksanaan vaksinasi satu juta dosis vaksin perhari, pihaknya telah menerima kiriman vaksin Sinovac dari Biofarma sebanyak 20.870 vial atau sebanyak 208.700 dosis yang merupakan alokasi vaksin untuk Minggu ke tiga bulan Juni tahun 2021.

Bacaan Lainnya

“Vaksin ini dialokasikan untuk Dinkes Kabupaten/Kota sebanyak 8.510 vial, TNI 6.180 vial dan Polri sebanyak 6.180 vial,” ujar Lesty usai menerima kiriman vaksin dari pemerintah pusat di Gedung Vaksin Dinkes Sumsel.

Dijelaskannya, untuk alokasi vaksin dinas kesehatan Kabupaten/Kota akan segera didistribusikan oleh Biofarma ke seluruh Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk alokasi vaksin TNI dan Polri juga didistribusikan ke dinas Kabupaten/Kota.

Sementara itu untuk buffer provinsi sebanyak 800 vial, juga akan segera didistribusikan ke Kabupaten/Kota agar vaksin yang ada di faskes bisa segera digunakan.

“Jadi besok vaksin sudah bisa didistribusikan oleh dinas kabupaten/kota ke seluruh faskes atau sentra layanan vaksinasi,” jelasnya.

Menurutnya, vaksin yang baru diterima ini akan dilakukan ujicoba atau simulasi program 1 juta vaksin yang dicanangkan Presiden Jokowi akan diberlakukan mulai 1 Juli mendatang.

Untuk simulasi 1 juta dosis vaksin perhari, Dinkes Sumsel bakal mulai mengujicobanya pada tanggal 26 Juni 2021 atau setelah vaksin yang baru diterima telah didistribusikan ke kabupaten/kota di Sumsel.

Tak hanya dari sisi vaksin, Lesty mengaku dari sisi tenaga kesehatan pihaknya juga sudah siap. Sampai saat ini, Sumsel telah miliki lebih dari 2.800 vaksinator (tenaga kesehatan yang menyuntikkan vaksin).

“Simulasi 1 juta dosis vaksin per hari akan dilakukan tanggal 26 Juni 2021. Provinsi Sumsel mendapatkan target sebanyak 31.696 orang. Target ini sudah kita bagi untuk seluruh faskes vaksinasi sebanyak 433 faskes di Sumsel,” tutupnya. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.