Dinas PP dan KB Muaraenim Launching Kader Pendata Kependudukan KB 2021

Suasana lauching kader pendataan Keluarga 2021 kepada masyarakat di Kelurahan Air Lintang, Kabupaten Muaraenim, Sumsel, Kamis (1/4/2021).

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Dalam rangka mensukseskan dan mensosialisasikan pendataan data kependudukan Keluarga 2021 secara serentak se-Indonesia, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP dan KB) Muaraenim secara resmi me-lauching kader pendataan Keluarga 2021 kepada masyarakat di Kabupaten Muaraenim, provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Read More

Lauching pendataan kader Keluarga 2021 yang dilakukan Dinas PP dan KB tersebut dilaksanakan pada Kamis, (1/4/2021) kepada masyarakat Kelurahan Air Lintang, Kecamatan Muaraenim.

Kegiatan yang mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 dibuka secara simbolis oleh anggota DPR RI Komisi lX Ir Sri Melyana didampingi Pj Sekda Muaraenim Drs Emran Thabrani, Staff Ahli Bidang Kemasyarakatan (SDM) Amrullah Jamaluddin, SE, Kepala Dinas PP dan KB Muaraenim, H Rinaldo, SSTP, MSI, Camat Muaraenim dan Lurah Air lintang, Diaman.

“Kita patut bangga karena lauching pendataan kader Keluarga 2021 yang kita lakukan ini merupakan pendataan orang pertama kali yang dilakukan pendataannya kepada masyarakat secara langsung dan memasukan datanya ke pusat, ” kata Ir Sri Meliyana, anggota DPR RI Komisi lX tersebut dalam sambutannya kepada masyarakat.

Berfoto bersama usai lauching kader pendataan Keluarga 2021 kepada masyarakat di Kelurahan Air Lintang, Kabupaten Muaraenim, Sumsel, Kamis (1/4/2021).

Sri Meliyana menerangkan berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2019 tentang Pengembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, bahwa Pemerintah Daerah wajib untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data dan informasi mengenai data kependudukan dan keluarga.

Oleh karenanya, dia menilai hal tersebut sangatlah penting dan di butuh kan bagi pemerintah dalam mendukung penyediaan basis data keluarga, intervensi program pembangunan keluarga kependudukan, keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan program-program pembangunan lainnya.

“Saya tegaskan di sini, saya minta dalam pendataan para kader nantinya harus di dukung dengan memberikan data yang sebenar-benarnya, berdasarkan data yang sevalid-validnya baik melalui by name-nya maupun by andress-nya, agar kita dapat mengetahui sebenarnya-benarnya potret di masyarakat,” tegasnya..

Kepala Dinas PP dan KB Muaraenim H Rinaldo menerangkan pendataan kader Keluarga 2021 tersebut dilaksanakan secara serentak pada tanggal 1 april sampai dengan 31 Mei 2021 di seluruh provinsi di Indonesia.

Dikatakannya, selain pendataan yang dilakukan pihaknya melalui komunikasi dan informasi, juga akan melakukan edukasi kepada masyarakat melalui penyuluh program Bangga Kencana keluarga di lingkungan masyarakat.

“Pendataan akan dilaksanakan oleh kader setempat di wilayah pembinaan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) oleh Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan selaian melakukan pendataan kita juga akan melakukan edukasi melalui program Bangga Kencana kepada masyarakat,” ungkap kepala Dinas yang dikenal paling dekat dengan awak media.

Sementara itu, Pj Sekda Muaraenim Drs Emran Thabrani mendukung dan menyambut baik adanya kegiatan tersebut,

Ia mengimbau dan mengajak kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Muaraenim dapat mengikuti adanya program.

“Saya atas nama Pemkab Muaraenim mengucapkan terima kasih atas dukungannya dan perhatiannya yang telah diberikan oleh ibu dewan Komisi lX DPR RI Ir Sri Melyana kepada masyarakat di Kabupaten Muaraenim, dan saya berharap semoga kedepan perhatian dan dukungan nya dapat terus dilakukan,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.