Digital Kito Galo Tahun 2023 Resmi Ditutup, Komitmen dan Kolaborasi dalam Digitalisasi Keuangan Akan Terus Berlanjut

Senin, 21 Agustus 2023

Palembang, Sumselupdate.com- Digital Kito Galo 4th Tahun 2023 resmi ditutup pada 20 Agustus 2023 di Palembang Indah Mall. Kegiatan yang diinisiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan selama 6 (enam) hari, sejak tanggal 15-20 Agustus 2023 ini mengusung tema “Wujudkan Semangat 45! QRISnya Satu, Menangnya Banyak! #PayoPakaiQRIS!”.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini melibatkan partisipasi pelaku UMKM, Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan Non Bank, serta seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung pengembangan digitalisasi keuangan di Provinsi Sumatera Selatan.

Bacaan Lainnya

Sebagai rangkaian kegiatan, telah dilakukan penandatanganan komitmen implementasi Kartu Kredit Indonesia (KKI) di Sumatera Selatan oleh seluruh Kepala Daerah dan Launching Mall S.I.A.P (Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai) QRIS di Palembang Indah Mall pada tanggal 15 Agustus 2023. Selain itu, juga telah dilakukan berbagai kegiatan talk show, lomba, pameran UMKM, dan penukaran uang rupiah.

Digital Kito Galo 4th Tahun 2023 berhasil mendorong transaksi non tunai di Palembang Indah Mall. Penjualan di merchant mall dan di pameran UMKM dengan metode pembayaran non tunai selama 5 (lima) hari tercatat sebesar Rp1.070.025.927,00. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat mendorong penggunaan QRIS di Provinsi Sumatera Selatan, baik di sisi pengguna maupun merchant.

Pada Juni 2023, nominal transaksi QRIS di Provinsi Sumatera Selatan tercatat sebesar Rp187,04 miliar atau tumbuh 197,66% (yoy), dengan rata-rata harian sebesar Rp6,23 miliar. Sementara itu, volume transaksi QRIS di Provinsi Sumatera Selatan tercatat sebanyak 1,20 juta transaksi, atau tumbuh 62,29% (yoy), dengan rata-rata harian mencapai 40 ribu transaksi.

Adapun jumlah merchant QRIS di Provinsi Sumatera Selatan tercatat sebanyak 669.911 merchant dan pengguna QRIS di Provinsi Sumatera Selatan mencapai 1.048.145 user. 
Meski Digital Kito Galo 4th Tahun 2023 resmi telah ditutup, komitmen dan kolaborasi dalam digitalisasi ekonomi dan keuangan di Provinsi Sumatera Selatan akan terus berlanjut.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Ricky P. Gozali mengajak masyarakat untuk terus semangat membangun ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara itu, Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi Sekretariat Daerah Kota Palembang dr.hj.Letizia, M.Kes mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BI ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

Bank Indonesia akan terus berkolaborasi bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan, perbankan, penyelenggara jasa sistem pembayaran, pelaku usaha, dan para pemangku kepentingan terkait dalam rangka mendorong ekonomi dan keuangan digital untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif, sejalan dengan Visi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, yaitu Sumsel Maju untuk Semua. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.