Datangi Pemkab Muaraenim, Projo Pertanyakan Mobil Mewah dan Dana Covid

GELAR AKSI-Puluhan massa aksi dari Projo Muaraenim melakukan aksi demo di Kantor Pemkab Muaraenim, Kamis (1/10/2020).

Muaraenim, Sumselupdate.com-Puluhan anggota Pro Jokowi (Projo) Muaraenim melakukan aksi damai di depan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim, Kamis (1/10/2020).

Kedatangan mereka untuk mempertanyakan pengadaan mobil mewah jenis Toyota berjenis Land Cruiser (LC) untuk fasilitas tamu VIP pada RAPBD Perubahan tahun 2020. Mereka juga meminta kejelasan penggunaan serta serapan dana Covid 19 di Bumi Serasan Sekundang.

Bacaan Lainnya

Dalam orasinya pada aksi damai ini, mereka mempertanyakan urgensi pengadaan mobil Toyota di saat kondisi dalam situasi Pandemi Covid 19, serta kondisi keuangan daerah yang defisit. Hal ini dinilai mereka tidak pantas, apalagi menganggarkan pembelian kendaraan tersebut di mana kondisi masyarakat banyak yang terdampak Pandemi Covid-19.

“Hal ini jelas tidak pantas karena kita tahu kondisi saat ini. Maka itu kita minta Pemda untuk membatalkan penganggaran pembelian mobil tersebut, karena hal ini jelas ada indikasi korupsi di dalamnya,” ujar Koordinator aksi Alex Kasuda yang juga Wakil Ketua Umum Projo Sumsel.

Dengan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja, massa aksi terus meneriakan agar pihak Pemkab Muaraenim mendengarkan dan membatalkan apa yang menjadi tuntutan mereka.

Mereka juga mepertanyakan urgensi pengadaan kendaraan mewah, Projo juga mempertanyakan tentang transparansi penggunaan dan Covid-18 bernilai ratusan miliar agar masyarakat peruntukkan dana tersebut.

“Kita minta kejelasan mengenai dan Covid yang sudah dipersiapkan dan ke mana dana itu digunakan,” tegas Alex.

Setelah beberapa lama berorasi di depan Kantor Pemkab Muaraenim, akhirnya perwakilan massa diterima oleh Plt Assisten I didampingi Plt Bappeda Mat Kasrun.

Menurut Mat Kasrun, pengadaan mobil untuk tamu VIP tidak menyalahi aturan dan sudah sesuai dengan ketentuan. Dan hasil rapat paripurna yang sudah ditandatangani dewan saat ini sudah di Gubernur untuk diverifikasi.

“Jadi kita menunggu instruksi Gubernur, apabila beliau mengatakan untuk tidak dilaksanakan, maka kami akan menurutinya,” jelasnya.

Selain itu, mengenai kondis keuangan daerah yang defisit, lanjutnya, defisit yang dialami keuangan Pemkab Muaraenim pada tahun 2020 sudah bisa ditutupi oleh dana Silva tahun 2019.

“Defisit kita di tahun ini dapat ditutupi oleh dana Silva tahun 2019. Jadi secara tidak langsung, defisit sudah teratasi,” ujarnya.

Plt Kepala BPKAD Muaraenim Juli Juliansyah mengatakan, mengenai penggunaan dana hasil refokusing setiap OPD sebesar Rp305 miliar masuk dalam dana tidak terduga yang nantinya digunakan untuk penanganan dampak pandemi Covid-19.

“Jadi untuk penanganan Covid bukan seluruhnya, tapi hanya Rp146 miliar yang kami laporkan ke pusat setiap bulannya. Dana tersebut sudah terealisasi sebesar Rp52 miliar lebih atau sekitar 36 persen,” jelasnya.

Ditambahkan Juni,  untuk OPD yang secara fungsional menangani langsung Covid-19 bisa melakukan perencanaan biaya, dan setelah dinilai Tim Gugus Tugas maka akan direkomendasikan.

“Seperti Dinkes, RS Rabain, Disdikbud, Sekertariat Daerah, PUPR, lingkungan hidup, BPBD, Diperindag, Satpol PP, Inspektorat dan Kecamatan untuk penanganan kesehatan,” tambahnya.

Lebih lanjut Juni mengatakan, untuk perbaikan ekonomi ada di Dinas Jetahanan Pangan, UMKM, Tanaman Pangan dan Holtikultura.

“Dan untuk jaring pengaman sosial, santunan, juga penanganan dengan bencana ini juga dilakukan oleh OPD yang berkaitan dengan adanya dampak Pandemi ini,” tukasnya.

Menanggapi penjelasan dari Perwakilan Pemkab Muaraenim, Projo menerima penjelasan yang diberikan dan akan berkoordinasi dengan pihak Projo Sumsel.

“Selanjutnya kami akan berkoordinasi lagi dengan Projo Sumsel apakah akan melakukan aksi lanjutan atau seperti apa nantinya,” pungkas Dani Eka Chandra selaku koordinator aksi. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.