Cerita Jiro Ramen, Usaha Lokal Palembang yang Sukses Berkembang Pesat di Tengah Pandemi

Jiro Ramen

Palembang, Sumselupdate.com – Membangun bisnis bukanlah satu hal yang mudah, ada perencanaan yang matang serta tantangan yang harus dilalui oleh setiap pelaku bisnis.

Terlebih dengan adanya pandemi yang memberikan efek domino pada semua aspek, termasuk pelaku bisnis skala kecil hingga besar. Situasi saat ini mendorong pemilik bisnis untuk lebih peka serta jeli dalam mengambil keputusan dan mampu beradaptasi di tengah perubahan kebiasaan dan kebutuhan masyarakat.

Read More

Salah satu kisah inspiratif datang dari Valencia Arifin selaku Owner Jiro Ramen Palembang. Di tengah sulitnya situasi pandemi, bisnisnya berhasil bertahan dan justru sukses berkembang hingga dapat membuka empat cabang.

Bersama adiknya yang bernama Jacky, ia bermimpi untuk menghadirkan restoran Jepang dengan berbagai varian menu yang cocok di lidah masyarakat Palembang. Ide sederhana tersebut kemudian diikuti dengan semangat tinggi untuk merintis bisnis yang kemudian melahirkan bisnis Jiro Ramen.

Selain melakukan riset pasar yang mendalam ketika mempersiapkan bisnisnya, mereka pun sempat berkunjung ke Negeri Sakura untuk mempelajari cita rasa ramen yang asli dan cara memilih bahan serta meracik bumbu yang tepat.

Berbekal dengan pengalaman tersebut, ia kemudian mempelajari sistem operasional bisnis yang baik, dan percaya bahwa Jiro Ramen akan disukai oleh penggemar kuliner di Palembang.

Jiro Ramen pertama diresmikan dan dibuka pada tahun 2019, tepat sebelum pandemi hadir di Indonesia yang tentunya berdampak pada operasional bisnis Jiro Ramen.

Valencia yang akrab disapa Valen di hadapkan dengan situasi yang mendorongnya untuk mencoba berbagai strategi agar bisnis Jiro Ramen mampu bertahan. Tak disangka, Valen justru pelan-pelan berhasil menemukan strategi yang tepat hingga kini mampu membuka empat cabang yang tersebar di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Valencia mengatakan, sejak pandemi melanda di 2020, seluruh aktivitas bisnis mengalami penurunan karena sempat harus menutup bisnis selama hampir dua bulan.

Apalagi sebagai pemilik usaha kami tetap harus memenuhi kewajiban kami, mulai dari pemenuhan hak karyawan, biaya sewa, hingga biaya operasional.

Namun, situasi inilah yang kami manfaatkan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang. Dengan cepat kami mengevaluasi aktivitas bisnis, menganalisa modal, menambah varian menu, hingga memanfaatkan media sosial dan berintegrasi dengan ekosistem digital seperti layanan pemesanan makanan online dan layanan pembayaran digital ShopeePay.”

Salah satu menu Jiro Ramen.

Selain melakukan evaluasi bisnis, tetap optimis, dan berkemauan untuk berinovasi, kunci sukses yang paling penting menurut Valen adalah memberikan layanan yang maksimal bagi pelanggan.

Dengan begitu, Valen yakin pelanggan akan loyal dan datang kembali ke restorannya. Hal ini tercerminkan pada para pelanggan setia Jiro Ramen yang kerap disapa sebagai #JiroFriends.

Berbagai promo yang kerap dihadirkan serta kemudahan dalam transaksi di gerai-gerai Jiro Ramen pastinya juga menjadi faktor yang mendorong loyalitas mereka.

“Bergabung menjadi merchant ShopeePay pada pertengahan tahun 2020 adalah langkah yang sangat tepat. Setelah terintegrasi dengan ShopeePay, respon yang diberikan #JiroFriends menjadi semakin positif.

Mereka mendapatkan keuntungan lebih dari cashback yang ditawarkan, dan masyarakat Palembang ternyata sudah terbiasa menggunakan layanan pembayaran digital.

“Berkat hal tersebut, Jiro Ramen dapat menjadi salah satu top merchant ShopeePay di kota Palembang. Kami sangat senang ShopeePay dapat menjadi mitra kami dalam memulihkan perekonomian lokal di Palembang dan tentunya membantu kami, para pelaku usaha, untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan,” tambah Valencia.

Ke depannya, Jiro Ramen pun optimis dapat terus berkembang dan berinovasi dengan menghadirkan menu yang bercita rasa lokal.

Bagi masyarakat Palembang yang belum pernah mencicipi Jiro Ramen disarankan untuk menikmati menu andalan mereka, seperti Jiro Signature Karaage dan Jiro Signature Chasiu. Jiro Ramen pun telah mengantongi sertifikat halal untuk seluruh menu yang ditawarkan.

“Tekun dan peka! Itulah sikap yang kami utamakan untuk terus tegak seimbang melewati masa sulit ini sembari tetap memberikan produk dan pelayanan yang terbaik bagi #JiroFriends,” tutup Valencia.

Kini warga Palembang dan sekitarnya dapat dengan mudah menemukan lokasi cabang Jiro Ramen terdekat melalui fitur “Deals Sekitarmu” di aplikasi Shopee. Tak lupa pengunjung juga dapat menikmati cashback menarik jika bertransaksi dengan ShopeePay di gerai Jiro Ramen.

Tentang Jiro Ramen

Jiro Ramen merupakan restoran otentik dari Palembang yang didirikan oleh Valencia Arifin dan Jacky Arifin dengan nama PT Valjack Food Indonesia. Melihat adanya potensi pasar dan minat masyarakat Palembang terhadap Masakan Jepang, maka dua bersaudara ini menghadirkan Jiro Ramen tepatnya pada 19 Mei 2019 di Palembang Icon Mall dan saat ini sudah berkembang dan memiliki 4 cabang, yakni Palembang Icon Mall, Palembang Trade Mall, Le Garden Palembang Indah Mall, dan gerai di Jalan Mayor Ruslan, Palembang.

Menyediakan berbagai macam menu makanan Jepang, Jiro Ramen memiliki menu andalan yang menjadi  “Pilihan Chef” seperti Curry Men Ebi Tempura, Carbonara Sosis Ramen, Misomen Niku Beef, Salted Egg Ramen, Grilled Gyoza with Extra Mozzarella Cheese, Crispy Chicken Skin, dan Takoyaki. Informasi lebih lengkap seputar Jiro Ramen dapat ditelusuri lebih lanjut melalui laman Instagram di @jiroramen.id. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.