Cegah Karhutlah, Korem 044/Gapo Optimalkan Sub-Sub Satuan

Danrem 044/Gapo Kol Inf Kunto Arif Wibowo

Palembang, Sumselupdate.com – Jajaran Korem 044/Gapo memaksimalkan latihan program satuan untuk mendapatkan saran, ide dalam pelibatan untuk menjalankan tugas, terutama dalam mengatasi Karhutla, sehingga penanganan tugas mulai dari bawah hingga ujung bisa terakomudir secara baik.

Danrem 044/Gapo Kol Inf Kunto Arif Wibowo, Rabu (07/9) mengatakan organisasi yang ada saat ini adalah komando pengendalian dalam penguasaan wilayah, dimana satuan satgas di bawahnya ada wakil-wakil akan tetapi tidak operasional.

Bacaan Lainnya

“Melalui program Korem 044/Gapo melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah prov Sumsel, kita harapkan Satgas yang merupakan operasional bisa terbagi tugasnya dengan sub-sub yang ada,” katanya.

Menurutnya pengoptimalan sub-sub yang ada dimasing-masing satuan yang dimiliki Korem tentu akan memudahkan koordinasi dengan Dansat yang ada di provinsi Sumatera Selatan. Sehingga apabila ada permaalahan langsung bisa dikoordinasi secara cepat termasuk penanggulangannya.

Lebih lanjut Danrem 044/Gapo menjelaskan mengenai pola kebakaran lahan yang terjadi saat ini tidak bisa dipungkiri tetap ada dan masih dijumpai titik api, namun pihaknya akan mengupayakan mencegah meluas ke tempat lain.

“Pertama masih ada kebakaran yang terjadi dilahan perusahaan, lalu biasanya orang membakar pada malam hari, sehingga akan kita lakukan upaya-upaya pencegahan pada waktu malam dengan menggunakan alat pendekteksi yang kita miliki,” urainya.

Ditegaskannya, untuk upaya pencegahan kebakaran lahan pada malam hari, pihak satgas Karhutla akan lebih mengoptimalkan alat diteksi atau drown khusus titik panas dan penanganan langsung.

“Saat upaya penanganan pencegahan kita pakai modifikasi alat, mulai dari alat diteksi panas, GPS dan Sonarnya akan menggunakan kapal laut yang akan kita coba dan kita juga akan coba bekerjasama dengan pihak perusahaan yang memiliki drown untuk ikut berpartisi pantau kebakaran lahan,” tegasnya. (adi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.