Cegah Karhutla, BPBD Dan BNPB Siapkan 3 Heli jenis MI-8 MTB

Rabu, 11 Mei 2016
Kepala BPBD Sumsel Yulizar Dinoto

Palembang, Sumselupdate.com – Penanggulangan kebakaran lahan 2016 akan dilaksanakan lebih awal dengan pola pendekatan pencegahan dini terhadap potensi terjadinya kebakaran di semua wilayah Sumatera Selatan.

Kepala badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Yulizar Dinoto, kamis (11/5) mengatakan pihak BPBD Sumsel bekerjasama dengan BNPB menyiapkan pencegahan awal kemungkinan terjadi kebakaran lahan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya untuk tahun ini semua akan dilaksanakan secara dini, mulai dari pendeteksian jumlah titik api hingga memberikan himbauan agar masyarakat tidak melakukan pembukaan lahan dengan melakukan pembakaran.
“Yang akan kita lakuakan dalam mencegah kebakaran lahan pada tahun 2016 adalah dengan mengedepankan pencegahan.” Katanya.

Untuk melakukan pemantauan sekaligus untuk eksekusi pemadaman jika terjadi kebakaran lahan, saat ini telah disiapkan 3 Heli jenis MI-8 MTB kapasitas 5 ton dari BNPB pusat. Masing-masing Heli akan memiliki kapsitas muatan air cukup besar dalam melakukan water bombing di titik sasaran.

Selain heli nanti akan ada 117 kelompok masyarakat peduli api, lalu selanjutnya yang akan dilakukan fokus terhadap patroli dan water bombing melalui udara.

” Intinya tahun ini kita jauh lebih siap jika dibandingkan dengan tahun lalu, semua akan kita benahi belajar dari pengalaman pada tahun 2015 lalu,” jelasnya. (adi)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.