Cegah Covid-19, Hasil Rakor Bupati Ogan Ilir Hindari Berpelukan dan Cipaka-Cipiki

Bupati Ogan Ilir H Ilyas Panji Alam berfoto bersama pejabat Organisasi Perangkat Daerah di Ruang Rapat Bupati KPT Tanjung Senai Inderalaya, Selasa (17/3/2020).

Inderalaya, Sumselupdate.com – Guna mencegah dan menanggulangi penyebaran Corona Virus Desease atau Covid-19, Bupati Ogan Ilir H Ilyas Panji Alam menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Rapat Bupati KPT Tanjung Senai Inderalaya, Selasa (17/3/2020).

Pada rakor itu, Bupati Ogan Ilir H Ilyas Panji Alam  mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah pemerintah dalam upaya menyikapi situasi yang berkembang terutama pencegahan penyebaran virus Corona  dan penanganannya jika ditemukan ada pasien yang terjangkit.

Bacaan Lainnya

Dalam rakor tersebut dihasilkan sepuluh keputusan yang harus dijalankan. Salah satunya menghindari kontak fisik baik itu bersalaman, berpelukan, dan cipika cipiki yang dapat berpotensi penularan Covid 19.

“Kita tidak ingin virus Corona ada di wilayah Ogan Ilir. Untuk itu kita harus melindungi masyarakat kita. Jangan lupa juga kepada masyarakat agar melakukan PHBS yaitu perilaku hidup bersih dan sehat,” pesan Bupati. (hen)

 Sepuluh Keputusan Hasil Rakor

  1. Membentuk gugus tugas penanggulangan covid 19.
  2. Seluruh kepala OPD dan ASN di Ogan Ilir tunda perjalanan dinas keluar daerah kecuali menyangkut hal yang sangat penting dan harus seizin langsung dari bupati ogan ilir.
  3. 3.Kepala dinas kesehatan agar segera melengkapi peralatan kesehatan yang dibutuhkan untuk penanggulangan Covid 19 dibawah koordinasi sekretaris daerah.
  4. Menghindari kegiatan yang mengumpulkan masa lebih dari 50 orang/semua kegiatan pemerintahan daerah yang mengumpulkan masa untuk ditunda pelaksanaannya.
  5. Kepala dinas kominfo, kepala dinas kesehatan, bagian humas protokol agar buat surat edaran, baliho, benner, spanduk dan serta di media edukasi tentang pencegahan covid 19.
  6. Masjid/rumah ibadah/tempat tempat umum agar melaksanakan pembersihan lingkungan serta penyemprotan disinsfektan, serta jamaah mesjid disarankan menggunakan sajadah dan mukena pribadi.
  7. Menghindari kontak fisik/bersalaman/berpelukan/cipika cipiki yang dapat berpotensi penularan Covid 19.
  8. Guna kegiatan proses belajar mengajar dari rumah akan diberitahukan lebih lanjut oleh kepala dinas pendidikan dan kebudayaan ogan ilir.
  9. Kepala OPD dan ASN yang mengalami demam batuk dan pilek yang dicurigai terkena covid 19 segera melakukan chek kesehatan ke rumah sakit dan dapat bekerja dari rumah atas pertimbangan dari atasan yang bersangkutan dan dilaporkan kepada bupati ogan ilir melalui sekretaris daerah.
  10. Direktur RSUD Ogan Ilir agar menyiapkan ruang isolasi sementara di RSUD Ogan Ilir.
Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.