BPBD PALI Waspadai Kebakaran Lahan di Musim Kemarau

Rusman Firman, Kepala BPBD Kabupaten PALI

PALI, Sumselupdate.com – Memasuki musim kemarau, kebakaran mulai melanda Bumi Serapat Serasan. Hingga saat ini, beberapa kali telah terjadi kebakaran, bahkan baru-baru telah terjadi kebakaran lahan di Kecamatan Abab, kabupaten PALI.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten PALI membenarkan adanya kebakaran lahan di Kecamatan Abab. Namun, ia belum tahu persis letak kebakaran lahan itu.

Bacaan Lainnya

“Tadi camat Abab telepon saya, mengatakan ada kebakaran lahan di kecamatan Abab, tapi kita belum tahu persis letak wilayahnya, namun tetap petugas kami telah diterjunkan ke lokasi untuk melihat kebenaran itu,” kata Rusman, ketika dihubungi awak media, Minggu (17/7).

Ia juga menegaskan, jika warga kedapatan membakar lahan secara sengaja langsung ditangkap petugas yang berwajib.

“Sekarang sistem tangkap, ketahuan bakar lahan, langsung ditangkap polisi,” kata dia.

Rusman menghimbau kepada seluruh warga PALI agar mewaspadai bencana kebakaran lahan di musim kemarau.

Menurutnya di musim kemarau, kebakaran lahan warga sangat rentan, karena panasnya trik matahari ditambah kencangnya tiupan angin serta keringnya lahan itu sendiri.

“Sering kebakaran lahan di musim kemarau, perlu kita waspada mulai dari sekarang untuk antisipasi menjaga lahan mereka sendiri, kebakaran lahan berdampak masyarakat luas seperti kabut asap dan dampak negatif lainnya,” ungkap Rusman. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.