Booming Aglonema, Berkah Tersendiri Petani Tanaman Hias di Kota Lubuklinggau

Sugeng, petani tanaman hias Depot Sekar Asri di Jalan Dayang Torek, Kelurahan Lubuk Tanjung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau.

Laporan: Fran Kurniawan

Lubuklinggau, Sumselupdate.com Tanaman hias jenis Aglonema tengah booming di kalangan masyarakat Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan.

Bacaan Lainnya

Kondisi ini membawa berkah tersendiri bagi petani tanaman hias di Lubuklinggau dan keuntungan pun melambung.

Sugeng, petani tanaman hias Depot Sekar Asri di Jalan Dayang Torek, Kelurahan Lubuk Tanjung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau mampu menjual 600 bunga aglonema berbagai varian.

“Saat ini bunga aglonema paling banyak diburu masyarakat pecinta tanaman hias. Harga paling murah kami jual Rp50 ribu sampai Rp1,5 juta. Ada yang beli untuk koleksi sendiri dan ada juga dijual kembali. Mereka datang dari Palembang, Bengkulu, Jambi, Lubuklinggau, Musirawas, Musirawas Utara dan beberapa daerah lainnya di Sumsel,” ungkapnya.

Menurut dia, mahal atau murahnya harga Aglonema tergantung jenis dan warnanya. Dia terpaksa mendatangkan stok aglonema dari petani tanaman hias lainnya dari daerah lain untuk memenuhi permintaan pecinta aglonema.

“Awalnya kami mengembangbiakkan sendiri bibit aglonema, tapi sekarang harus tidak memungkinkan lagi untuk memenuhi permintaan pecinta tanaman hias. Untuk aglonema Sukson Jaipong harganya sekitar Rp350 ribu, Sukson Kultur Rp450 ribu, Red King Rp325 ribu, Red Anja Rp325 ribu. Sejauh ini yang paling banyak diburu jenis Red King dan Red Anja karena harga terjangkau,” tukasnya.

Sebagai petani tanaman hias, Sugeng berharap para importir memonopoli penjualan bunga jenis Aglonema di Indonesia, dengan cara sengaja mendatangkan Aglonema dari Thailand dengan jumlah besar, lalu dijual kembali dengan harga relatif lebih murah.

“Ayolah bantu kami petani tanaman hias lokal. Para pecinta bunga di Indonesia otomatis lebih memilih aglonema yang didatangkan oleh para importir tersebut, karena harga mereka tawarkan lebih murah,” pungkasnya. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.