Bola Piala Dunia Dibuat di Madiun

Penampakan Al Rihla, bola resmi untuk Piala Dunia 2022. [MOHAMED ALI ABDELWAHID / FIFA / AFP]

Jakarta, sumselupdate.com – Piala Dunia 2022 baru saja akan digelar pada hari ini (20/11/2022) di Qatar. Walaupun harus diakui gelaran Piala Dunia kali ini tidak semeriah biasanya karena banyak isu-isu seputar perayaannya, namun tetap saja banyak hal menarik yang bisa dibahas oleh warganet. Salah satunya bola Al Rihla  yang digunakan untuk pertandingan Piala Dunia.

Siapa sangka, Indonesia turut berkontribusi dalam Piala Dunia 2022 kali ini. Bola Piala Dunia yang diberi nama Al Rihla itu ternyata pembuatannya ada di daerah Madiun, Jawa Timur. Melansir dari laman Konsulat Jenderal RI dan FIFA, berikut adalah fakta-fakta menarik seputar bola Piala Dunia Al Rihla.

Bacaan Lainnya
  1. Produksi PT. Global Way Indonesia.

Al Rihla, produk besutan Adidas ini mempercayai PT. Global Way Indonesia untuk memproduksi bola yang digunakan untuk pertandingan Piala Dunia 2022.

Dikutif dari suara.com (jaringan nasional sumselupdate.com), tidak hanya diproduksi untuk pertandingan di Qatar, perusahaan ini juga mengekspor bolanya ke Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan Brasil. Melalui ekspor bola tersebut, masyarakat Jawa Timur telah menjadi bagian dari resonansi ekonomi dunia. Keren sekali ya!

  1. Dibuat eksklusif

Al Rihla adalah bola Piala Dunia yang pembuatannya menggunakan tinta dan lem yang berbahan dasar air, dibuat eksklusif dan diklaim sebagai bola tercepat dibanding bola-bola yang ada di Piala Dunia sebelumnya.

  1. Terinsipirasi dari perahu tradisional

Warna Al Rihla memiliki desain panel yang terinspirasi dari perahu tradisional Dhow yang memiliki pola berwarna biru, merah, dan kuning, yang mewakili lanskap atau pemandangan di Doha, Qatar.

  1. Fitur bola yang canggih

Tidak salah jika bola Al Rihla digadang-gadang sebagai bola berkualitas tinggi dibanding bola-bola sebelumnya, setidaknya ia memiliki 2 fitur canggih dalam proses pembuatanya, di antaranya:

CRT-CORE – inti dari bola, menjanjikan kecepatan, akurasi, dan konsistensi untuk permainan yang cepat dan tepat dengan bentuk dan retensi udara yang maksimal.

SPEEDSHELL – merupakan kulit bola PU atau poliuretan dengan bentuk panel 20 bagian baru yang memiliki fungsi meningkatkan akurasi, stabilitas terbang, dan belokan tembakan.

Itu tadi beberapa fakta seputar bola Al Rihla yang digunakan sebagai bola Piala Dunia 2022 yang ternyata diproduksi di Indonesia. Setidaknya walaupun klub sepak bola Indonesia belum sempat menjajal pertandingan Piala Dunia kali ini, tetapi kita patut berbangga karena bola yang dipakai para pemain dunia adalah berasal dari dalam negeri. (sur)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.