Berstatus Waspada, Jalur Pendakian Menuju Puncak Gunung Dempo Tetap Dibuka, Kok Bisa?

Salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Dempo yang kini tetap dibuka meski status berubah menjadi Waspada, Minggu (9/1/2022).

Laporan: Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan level tingkat aktivitas Gunung Api Dempo (GAD) Kota Pagaralam, Sumatera Selatan menjadi Level II (Waspada) dari sebelumnya Level I (Normal).

Read More

Namun melalui acount facebook resmi Balai Regestrasi Gunung Dempo (BRIGADE) jika saat ini jalur pendakian menuju puncak Gunung Dempo tetap dibuka.

Padahal sebelumnya, KPH X Dempo dan BPBD Provinsi Sumsel menyarankan jalur pendakian menuju puncak Gunung Dempo ditutup.

Ketua BRIGADE Kota Pagaralam Arindi membenarkan jika sampai saat ini jalur pendakian menuju puncak Gunung Dempo masih tetap dibuka seperti biasa.

“Kami masih membuka jalur pendakian menuju puncak Gunung Dempo meskipun Dempo beralih status Waspada,” tegasnya, Minggu (9/1/2022).

Dikatakannya, BRIGADE tetap membuka jalur pendakian mengacu pada surat dari PVMBG, Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang tertulis radius aman yaitu satu kilometer dari kawah Gunung Api Dempo.

Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan level tingkat aktivitas Gunung Api Dempo (GAD) Kota Pagaralam, Sumatera Selatan menjadi Level II (Waspada) dari sebelumnya Level I (Normal).

“Di dalam surat itu radius aman yaitu satu kilometer dari kawah GAD. Jadi jika kawasan puncak Dempo masih aman karena jaraknya kawah dengan bibir kawah lebih dari satu kilometer,” tandasnya.

Adapun pemberitahuan resmi yang disampaikan oleh Brigade dalam acount facebook resmi berbunyi:

Assalamuallaikum Wr. Wb. Selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua.

Semoga kita semua dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, serta selalu dalam lindungan Tuhan yang maha esa.

“Kami dari BRIGADE menyampikan, sampai saat ini pendakian ke Gunung Dempo tetap dibuka seperti biasa, untuk para pendaki yang ingin mendaki agar melengkapi peralatan standar pendakian, logistik yang cukup serta dalam keadaan sehat. Dan mengikuti arahan dari petugas Balai pada saat Registrasi.

Berdasarkan kesimpulan dan rekomendasi dalam tingkat aktivitas Waspada (Level II) masyarakat/pengunjung/ wisatawan/ pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius satu kilometerdari kawah serta arah bukaan kawah sejauh dua kilometer ke sektor utara.

Sebelumnya pihak KPH X Dempo, BPBD Provinsi Sumsel, dan Pos Pengamatan GAD sudah menyarankan agar jalur pendakian ditutup. Hal ini untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan.

“Kami sudah menyarankan jalur pendakian untuk ditutup. Hal ini mengingat meningkatnya aktivitas GAD. Pasalnya Dempo ini tipe letusannya yaitu freaktik yang bisa saja mengeluarkan fluida tanpa ada gejala sebelumnya,” ujar petugas Pos Pemantau GAD Megian Nugraha. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.