Bernilai Ekonomis, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam Gelar Pelatihan Pembudidayaan Ikan Mas

Program pelatihan budidaya ikan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam .

Laporan:  Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam melakukan program pelatihan kepada sekitar 50 pembudidaya dalam rangka menyiapkan SDM terampil untuk meningkatkan kinerja budidaya ikan air tawar khususnya budidaya ikan mas di Kota Pagaralam yang bertempat Villa Mentari Gunung Gare, Selasa (14/12/2021).

Read More

“Pagaralam memiliki potensi yang baik untuk pengembangan budidaya air tawar khususnya ikan mas. Diketahui bahwa 80 persen rumah makan tradisional di kota Pagaralam banyak menawarkan ikan air tawar, khususnya ikan mas,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Hj Zaitun Melalui Kabid Pemberdayaan dan pengelolaan perikanan Okta Novianto, SStpi.

Menurut dia, pelaksanaan pelatihan budidaya air tawar khususnya ikan mas kepada masyarakat juga dilaksanakan 14 sampai dengan 16 Desember 2021 karena adanya permintaan yang tinggi akan ikan air tawar di Kota Pagaralam.

Hal tersebut, lanjutnya, tentu menjadi sebuah peluang usaha bagi masyarakat setempat sehingga perlu ditunjang dengan pelatihan dan sarana budidaya sehingga dapat memaksimalkan keterampilan dan pengetahuan para pembudidaya.

Ia mengemukakan bahwa perkembangan teknologi budidaya, khususnya budidaya air tawar, seperti bioflok, RAS, penggunaan probiotik juga telah mendorong meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam kinerja budidaya.

“Komoditas unggul ikan air tawar hasil pemuliaan, seperti ikan mas menjadi komoditas perikanan yang dapat dibudidayakan di masyarakat,” kata Okta.

Melalui pelatihan ini, pihaknya pun berharap agar masyarakat kota Pagaralam dapat memiliki peluang baru dalam dunia usaha yang dapat menambah penghasilan rumah tangga sehingga dapat memberikan daya dukung yang besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pelatihan tersebut dilakukan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan kota Pagaralam bekerja sama dengan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Provinsi Jambi melalui penyuluh Paino selaku narasumber pengisi acara di kegiatan pelatihan.

Paino, menerangkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian ikan mas melalui budidaya perikanan.

Di samping itu, pihaknya juga berharap pelatihan ini dapat meningkatkan hasil budidaya ikan air tawar khususnya ikan mas bagi masyarakat kota Pagaralam, yang saat ini terkendala kurangnya pakan karena minimnya keahlian, sehingga membuat ikan yang dibudidayakan tumbuh stagnan.

“Pelatihan ini harus menjadi solusi pertumbuhan budidaya perikanan air tawar di kota Pagaralam, sehingga ikan air tawar tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat yang tinggal dekat di kota Pagaralam, tetapi juga masyarakat yang berada di sekitar kota Pagaralam dan daerah kabupaten/kota tetangga,” ucap Paino.

Apalagi, ia menuturkan bahwa kenaikan produksi budidaya ikan dalam kolam air tawar cukup pesat , yang menunjukkan ada gairah besar di masyarakat untuk mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.