Berbekal Serokan, Sikat 5 Hp Tetangga

Aman saat memperlihatkan caranya mencuri lima Hp korban.

Laporan: Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Amansyah (29) atau yang dijuluki Aman Serok, pelaku pencurian lima unit Handphone tetangganya berhasil diamankan polisi.

Bacaan Lainnya

Pelaku ditangkap di Jalan Ariodillah, Kelurahan 20 Ilir D IV Kecamatan Ilir Timur I Selasa (2/3/2021), pukul 05.00 WIB. Cara yang digunakan pelaku Aman Serok, terbilang cukup unik.

Ia mencuri Hanphone tetangganya dengan menggunakan dua batang ranting pohon yang tebal dan ujungnya ia buat seperti ‘Serokan Sampah’ atau tangguk, supaya lebih mudah mengambil Hp incarannya. Sementara sebatang ranting satunya lagi, ia gunakan untuk membantu supaya Hp korban masuk ke dalam serokkan.

“Aku tahu cara ini dengan belajar dari kawan, jadi langsung aku praktekkan dan berhasil. Walaupun aku ketangkap basah oleh pemilik rumah,” ujar Aman Serok kepada awak media, Selasa (2/3/2021).

Dengan cara ini, diakuinya sebanyak lima Handphone berhasil ia gasak sejauh ini. Semua korban adalah tetangganya sendiri.

Dalamberaksi, korban lebih dulu meruksak jendela.

“Aku beraksi berdua, sama kawan yang saat ini DPO. Aku yang eksekusi, kalau kawan perannya memantau lokasi. Sebelum beraksi aku nyabu dulu biar Pede. Terus barulah kami beraksi,” katanya

Ditanya soal Hp hasil curiannya, Aman Serok mengakui, jika semua hasil curiannya telah ia jual dan uangnya habis digunakan untuk membeli shabu.

Sementara Nando Ibrahim (20), salah satu korban mengakui, jika dirinya baru sadar kalau Hp miliknya hilang, saat ia bangun tidur dan melihat jendela kamar sudah terbuka.

“Terus aku lihat tidak jauh dari rumah, ada serokan yang digunakan tersangka untuk mengambil Hp. Langsung aku lapor ke polisi. Nah, kalau pelaku, ya aku aku kenal dia karena masih tetangga,” katanya.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Suryadi SIK MH didampingi Kanit II Kompol Bakhtiar mengatakan, sebelum mengambil Hp korban, pelaku lebih dulu merusak jendela dengan menggunakan obeng. Selanjutnya, pelaku menggunakan serokan (tangguk) dari kain sarung bergagang bamboo, untuk mengambil Hp.

“Dalam sehari menjalankan aksinya pelaku bisa mendapatkan dua sampai tiga unit Hp. Sebelum beraksi pelaku mengonsumsi shabu. Saat ini pelaku masih menjalani pemeriksaan dan terancam dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara,” katanya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.