Belajar dari Youtube, Begini Modus Para Pelaku Mengganjal Kartu ATM di Pagaralam

Kapolres Pagaralam AKBP Arif Harsono didampingi Wakapolres Kompol Hermansyah, Kasi Humas AKP Wempy Kayadu dan Kanit Pidum Ipda Mustopa saat press realese penangkapan pelaku pembobolan kartu ATM Bank Sumsel Babel, Kamis (4/8/2022).

Laporan: Novrico Saputra 

Pagaralam, Sumselupdate.com –  Aksi pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank Sumsel Babel berhasil dengan cepat diungkap Petugas Kepolisian Resort (Polres) Pagaralam.

Read More

Satu dari dua pelaku yakni Jhonice Aei U (27), warga Sukajadi Blambangan, Buay Runjung, Kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel), berhasil diringkus aparat kepolisian.

Kapolres Pagaralam AKBP Arif Harsono didampingi Wakapolres Kompol Hermansyah, Kasi Humas AKP Wempy Kayadu dan Kanit Pidum Ipda Mustopa dalam press realese, Kamis (4/8/2022) mengungkapkan cara beraksi komplotan ini modus lama.

Komplotan pelaku yang beraksi di kawasan Kota Pagaralam menggunakan sistem terbalik atau menggajal agar kartu ATM tak bisa masuk.

“Satu dari dua orang yang kita amankan ini sistemnya terbalik. Bagi masyarakat yang ingin mengambil uang ke ATM untuk bisa lebih berhati-hati,” kata AKBP Arif Harsono.

Menurut Kapolres, kedua pelaku membiarkan kartu ATM korban tidak bisa keluar ketika sudah dimasukan atau kerap dikenal ‘ATM tertelan’.

Ketika kartu ATM korban tidak bisa masuk, barulah para pelaku melancarkan aksinya dengan berpura-pura membantu korban.

Saat korban bersedia dibantu, salah seorang pelaku dengan cepat menukar kartu ATM korban yang asli dengan kartu ATM palsu.

Kemudian, saat korban berusaha mengambil uang dengan menggunakan ATM palsu yang sebelumnya ditukar pelaku, tidak bisa dilakukan.

Di saat yang sama, pelaku melihat PIN korban untuk nantinya digunakan saat memakai ATM korban yang telah ditukar.

“Ini lah saatnya pelaku memainkan memakai kartu ATM yang sudah diketahui PIN korbannya. Ini modusnya dia jadi terbalik dengan biasanya, dan pelaku belajar dari youtube untuk melancarkan aksinya,” ujar Kapolres.

Penangkapan satu dari dua pelaku bermula pada Selasa (2/8/2022) sekitar pukul 19.22 WIB, pegawai Bank Sumsel Babel bernama Yudi Ardiansyah (36) dihubungi via telepon oleh Trynur Herawati jika mesin ATM Bank Sumsel Babel di SPBU Karang Dalo, Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagaralam,  terjadi percobaan pembobolan.

Mendapat informasi tersebut, Yudi Ardiansyah bergegas ke lokasi guna mengecek mesin ATM.

Sampai ke tempat kejadian perkara, Yudi Ardiansyah mendapati kamera internal mesin ATM dan alat masuk kartu ATM Bank Sumsel Babel sudah dalam kondisi rusak.

Setelah dilakukan perhitungan secara seksama, Bank Sumsel Babel mengalami kerugian sebesar Rp5 juta.

Mendapati peristiwa tersebut, Yudi Ardiansyah melapor ke Mapolres Pagaralam untuk segera ditindaklanjuti.

Mendapati laporan itu, Tim Opsnal Polres Pagaralam mendapatkan informasi dari pengawai SPBU jika ada dua orang laki-laki yang mencurigakan berada di dalam ATM,

Kemudian Team Opsnal di bawah pimpinan Kanit Pidum Ipda Mustopa, SH langsung menuju ke TKP dan mengamankan salah seorang pelaku bernama Jhonice Aei U (27), warga Sukajadi Blambangan, Buay Runjung, Kabupaten OKU Selatan.

Kemudian, pelaku Jhonice Aei U dibawa ke Mapolres Pagaralam untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sedangkan rekan pelaku Andeska berhasil melarikan diri dan kini masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.