Bawaslu: Media Punya Peran Penting dalam Tahapan Pilkada

Suasana kegiatan media gathering yang diselenggarakan oleh Bawaslu Mura.

Laporan: Marwan Ashari

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Ketua Bawaslu Musi Rawas (Mura), Oktureni Sandhra, meminta kepada media untuk ikut serta melakukan pengawasan pilkada. Karena rekan-rekan media menjadi mata bagi Bawaslu untuk mengawasi setiap tahapan pilkada.

Bacaan Lainnya

“Peran media sangat penting, sehingga perlu menjalin sinergitas, baik untuk informasi tahapan pilkada hingga pengawasan yang efektif di lingkungan,” katanya saat membuka media gathering dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan wartawan di Mura,” Kamis (27/8/2020).

Apalagi media memiliki jangkauan massa yang luas. Sehingga, dalam kegiatan sosialisasi sangat penting keberadaannya. Demikian juga dalam hal pengawasan, media dapat memberikan informasi terkait temuan di lapangan, melalui pemberitaan.

Masih katanya, media gethering ini dilaksanakan guna saling membantu untuk mengawasi Pilkada Kabupaten Musi Rawas 2020.

“Sebenarnya media gathering sudah lama ingin dilaksanakan sebelum pendemi Covid-19.Sebab media sangat membantu kami dalam pengawasan, yakni jadi mata dan mulut kami dan saling membantu untuk mengawasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas tahun 2020,” jelasnya.

Sementara itu Ketua PWI Musi Rawas Noviansyah menjelaskan, sesuai arahan Ketua Dewan Pers, media berperan untuk mendinginkan pelaksanaan pilkada yang panas. Namun menghangatkan pilkada yang dingin atau tanpa dinamika.

Sedangkan, Kapolres Mura, AKBP Efrannedy juga memberikan arahannya, mengatakan bahwa sebenarnya wartawan ini mempunyai lima fungsi di antaranya; sosialisasi, pengawas, penyelenggara, peserta dan keamanan.

Sedangkan, Bawaslu mempunyai empat fungsi di antaranya; sosialisasi, pengawas, penyelenggara dan peserta.

“Artinya tugas kami hanya satu yakni pengamanan, artinya polri tidak boleh mensosialisasi, pengawas, penyelenggara dan peserta, kalau wartawan lima fungsi dan Bawaslu empat fungsi, bisa diibaratkan empat sehat lima sempurna,” kata kapolres.

Lanjut Kapolres, namun di sini dirinya menegaskan, masing-masing pihak mempunyai peran dan fungsi masing-masing, serta apa yang menjadi hak dan aturan patuhi. Selain itu juga berperan awasi setiap proses pilkada dan berjalan dengan role dengan semestinya, kesepakatan dan aturan serta keputusan bersama.

“Media silakan menjalankan tugas dan yang panas didinginkan dan yang dingin dipanaskan. Intinya saya, kapolres mengajak sekaligus mengingatkan, mari laksanakan pilkada secara dewasa, dan untuk memeriahkan pilkada semeriah mungkin sesuai dengan mekanismenya,” pungkasnya.

Kegiatan media gathering yang mengusung tema, “Mewujudkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Tahun 2020 yang Berkualitas” dan “Mewujudkan Informasi yang Berimbang, Berinteraksi dan Berkualitas di Kabupaten Mura”, turut dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Mura, Oktureni Sandhira beserta anggota Bawaslu serta Kapolres Mura, AKBP Efrannedy, Ketua PWI Mura, Noviansyah, Ketua PWI Lubuklinggau, Endang Kusmadi dan Ketua PWI Muratara, H Marwan Azhari serta para wartawan media cetak, online dan elektronik. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.