Banjir Hantam 4 Desa di Empat Lawang, Longsor Tutupi Badan Jalan

Banjir di Kabupaten Empatlawang

Laporan: Mutaqim Alparisi

Tebingtinggi, Sumselupdate.com – Musibah banjir terjadi di empat desa dalam wilayah Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Empatlawang, Sumatera Selatan, Minggu (26/9/2021) dinihari.

Read More

Informasi dihimpun, peristiwa itu akibat derasnya luapan air Sungai Selpa dan Kembahang. Intensitas hujan yang cukup deras menguyuri wilayah tersebut mengakibatkan sungai yang berdekatan dengan rumah warga tersebut meluap.

Akibatnya, puluhan rumah warga rusak berat dan ringan diterjang derasnya air sungai.

Untuk diketahui, empat desa yang mengalami musibah banjir tersebut yakni, Desa Pasar Talang Padang delapan rumah rusak berat 66 rumah rusak ringan.

Desa Lampar Baru 12 rumah rusak berat, tiga rumah rusak ringan. Desa Kembahang Lama lima rumah rusak berat, satu rumah rusak ringan. Dan Desa Padang Titiran ada dua unit rumah rusak berat.

Longsor yang menutupi jalan lintas Provinsi menghubungkan Kecamatan Talang Padang, Pendopo dengan Provinsi Bengkulu

Camat Talang Padang Suharlan mengatakan, peristiwa itu terjadi, Sabtu (25/9/2021) malam hingga minggu dinihari. Hujan deras menguyur Kecamatan Talang Padang membuat beberapa aliran sungai meluap di wilayah itu.

“Beruntung dalam musibah ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian material akibat rumah rusak dialami warga,” kata Camat.

Disampaikan Camat, saat ini pihaknya telah mendata dan mengevakuasi para korban banjir itu. Adapun mereka (korban,red) rumahnya yang rusak sudah mengungsi ke rumah sanak saudara atau sanak pamili.

“Sejak dinihari tadi kami dari pemerintahan dibantu warga mengevakuasi korban banjir. Saat ini sedang mendata dan membatu membersihkan rumah pasca banjir,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Talang Padang Iptu Hariyono, melaporkan di wilayah Kecamatan Talang Padang selain terjadi banjir juga telah terjadi tanah longsor yang menutupi badan jalan.

“Selain banjir telah terjadi juga longsor yang menutupi jalan lintas provinsi menghubungkan Kecamatan Talang Padang, Pendopo dengan Provinsi Bengkulu, saat ini kami bersama alat berat yang diterjunkan sudah melakukan pembersihaam lokasi longsor tersebut,” beber Kapolsek. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.