Badan Jalan Amblas, PU BM OKU Layangkan Surat ke Provinsi

Jalan lintas provinsi di Desa Belatung, Kecamatan Peninjauan, OKU yang amblas, Rabu (30/3).

Baturaja, Sumselupdate.com –Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) telah melayangkan surat laporan terkait kerusakan badan jalan milik negara berupa amblasnya separuh badan jalan lintas provinsi di Desa Belatung, Kecamatan Peninjauan, ke pihak Dinas PU BM Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Dinas PU BM OKU, Ir H Helman didampingi Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PU BM OKU H Muzaim Ariansayah, ST, MT mengatakan, jalan amblas di Desa Belatung tersebut merupakan jalan milik provinsi sehingga upaya perawatan maupun perbaikannya dibawahi kewenangan pihak provinsi Sumsel.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah melaporkan jalan amblas ini kepihak PUBM Provinsi Sumsel. Namun untuk mengantisipasi sementara, badan jalan yang amblas akan kita timbun dan kita padatkan dengan tanah dengan bantuan alat berat, agar dapat dilalui oleh kendaraan yang melintas,” kata Helman, Rabu (30/3).

Menurut dia, upaya perbaikan atau penanganan badan jalan, harus dilakukan dengan melakukan pergantian gorong-gorong yang ambrol dengan membuat box culvert baru atau gorong-gorong beton bertulang, sehingga memiliki kekuatan yang lebih baik daripada jenis gorong-gorong biasa.
“Tahap selanjutnya gorong-gorongnya harus diganti dengan box culvert baru karena kalau untuk membuat jembatan dirasakan terlalu kecil,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Lubuk Batang, Lastian Agus SSOS mengatakan, pihaknya sengaja memberdayakan para pemuda desa setempat dan para pengurus karang taruna desa untuk melakukan pengawasan dan penjagaaan di titik jalan yang amblas.

 

Hal ini dilakukan, agar para pengguna jalan dapat mengetahui adanya jalan amblas, terutama jenis kendaraan berbadan besar seperti truk, tidak sampai tersangkut dan dapat melintasi jalan yang amblas ini.

 

Menurut dia, sejauh ini akibat amblasnya separuh badan jalan, tingkat perekonomian di wilayah setempat maupun desa lainnya masih cukup stabil meskipun sarana transportasi sedikit terganggu atas kejadian ini.
“Kita sengaja memberdayakan pemuda dan karang taruna,” pungkasnya.(yan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.