Apriyadi Sambangi Warga yang Terdampak Banjir

Kamis, 21 Januari 2016
Jpeg
PALI, Sumselupdate.com – Mendapat kabar ratusan rumah warga di wilayah Talang Pipa Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI kembali terendam banjir, Pejabat Bupati PALI, Drs H Apriyadi, MSi, Rabu (20/1) sekitar pukul 07.30, langsung meninjau lokasi.
Apriyadi yang didampingi oleh Heri Aminanto, FM Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field dengan menggunakan perahu karet langsung melihat kondisi rumah warga yang terendam banjir di sepanjang bantaran Sungai Abab.
Dibincangi awak media ketika di lokasi, mantan Kadinsos Sumsel ini mengatakan, sering terjadinya banjir di Talang Pipa tersebut dikarenakan daya tampung Sungai yang masih kecil.
“Sungai ini kan belum dilakukan normalisasi. Sehingga kapasitas daya tampung Sungai Abab ini masih kecil, selain itu juga daya resapan air juga yang sangat tidak mampung menyerap air sekaligus, akhirnya meluaplah hingga merendam ratusan rumah warga,” beber Apriyadi.
Untuk mengatasi agar banjir ini tidak terjadi lagi, pihak Pemerintah Kabupaten PALI sudah merencanakan akan melakukan normalisasi tahun 2016.
“Rencananya pada tahun 2016 ini, kita akan lakukan normalisasi Sungai Abab dengan menggunakan dana APBN dan APBD Kabupaten PALI,” tambah Apriyadi.
Apriyadi menilai masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai juga harus mau direlokasi. “Sungai ini kan akan kita lebarkan, masyarakat yang tinggal disini (bantaran Sungai Abab, red) agar mau untuk direlokasi. Kalau mau, nanti akan kita siapkan lahannya. Kalau tidak mau, maka mereka sendiri yang menanggung resikonya. Selalu was was ketika hujan,” ujar Apriyadi.
Untuk banjir kali ini, pihaknya melalui dinas terkait, seperti BPBD, Dinsos, dan Dinas Kesehatan agar tetap waspada.  “Tadi sudah ada dinas kesehatan, BPBD dan juga Dinsos yang kita kerahkan untuk membantu korban banjir. Selain itu juga, saya minta agar seluruh dinas terkait tetap waspada menghadapi datangnya banjir susulan,” tutup Apriyadi. (adj)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.