Antisipasi Longsor, BBPJN V Siagakan Alat Berat di Titik Rawan

Kepala BBPJN V, Kgs Saiful Anwar.

Palembang, Sumselupdate.com – Belum kondusifnya cuaca yang terjadi di wilayah Sumatera Selatan dalam beberapa pekan terakhir, menjadi perhatian serius Kementerian PUPR. Baik menyambut angkutan libur panjang Natal hingga tahun baru. Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V memastikan ruas jalan nasional di Sumatera Selatan telah diamankan dari ancaman kerusakan jalan yang diakibatkan longsor.

Kepala BBPJN V, Kgs Saiful Anwar, mengungkapkan, pihaknya telah melakukan upaya antisipasi pada sejumlah titik rawan longsor yang tersebar di Sumatera Selatan seperti di wilayah Simpang Sugi Waras B- Baturaja, Muara Enim – Lahat, Simpang Air Dingin Pagaralam – Perbatasan Bengkulu dan Bailangu.

Bacaan Lainnya

Saiful mengatakan, pihaknya juga meyiagakan alat berat dan material di titik rawan longsor yang dapat segera diturunkan. Petugas pun disiagakan selama 24 jam agar dapat segera mengambil tindakan bila ada laporan kerusakan jalan akibat longsor.

“Standar operasional yang kami terapkan maksimal enam jam alat berat sudah tiba dilokasi untuk memastikan jalan dalam kondisi fungsional, artinya minimal dapat dilalui oleh kendaraan roda dua,” ujar Saiful di Palembang, Kamis (28/12/2018).

Menurut Saiful, kewaspadaan akan potensi longsor dipastikan dengan mengoptimalkan sistem komunikasi antar pihak terkait. Perubahan cuaca pun dimonitor secara online dan diupdate secara berkala ke masing-masing wilayah.

“Kami ada aplikasi Jalan Kita, Grup WA dengan Korlantas dan Bina Marga Pusat. Semua dikoordinasikan termasuk prakiraan cuaca. Bila ada potensi curah hujan tinggi maka penanggungjawab wilayah akan lebih awal mendapatkan informasinya,” jelas Saiful.

BBPJN V telah menyebar 17 posko di 1600 km ruas jalan nasional di Sumatera Selatan. Untuk memastikan petugas, peralatan dan material siap untuk digunakan, Saiful mengaku telah membentuk petugas piket yang akan turun langsung ke lapangan.

“Kita harapkan dengan kesiapan yang maksimal, maka apabila ada kendala cepat bisa diatasi ,” pungkasnya. (adi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.